Yang harus dilakukan setelah beli Meizu M6

4151

Jika saat ini kamu baru saja beli Meizu M6 ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum akhirnya bisa menggunakannya dengan sempurna.

Aktifkan 4G

Jangan kaget jika saat diaktifkan, Meizu M6 yang kamu gunakan tidak menampilkan koneksi 4G. Padahal kartunya sudah 4G dan M6 sendiri sudah support 4G.

Masalah ini bukan kali pertama muncul, sebelumnya di Meizu M5c masalah yang sama juga hadir. Malah di hampir semua device Meizu dengan chipset Mediatek, hilangnya 4G adalah satu hal yang lumrah.

Untuk mengembalikan dukungan 4G caranya sangat mudah. Yang perlu kamu lakukan adalah mengakses engineering mode. Tapi, sebelum masuk ke tahap itu, kamu harus aktifkan developer mode terlebih dulu. Caranya seperti ini;

Settings > About Phone > Tap 5x secara beruntun pada Build Number

Lanjutkan dengan mengakses engineering mode. Caranya seperti ini;

Dialer > ketik *#*#3646633*#*#

Lanjutkan dengan;

Network Selecting > Pilih SIM (disini saya memilih SIM 1) > Set preferred network type > Pilih 4G/3G/2G (auto) > Lalu restart Meizu M6

Selanjutnya silahkan perhatikan ikon sinyal di pojok kanan atas, jika prosesnya sudah benar maka ikon 4G akan muncul.

Hapus bloatware

Untuk mengejar syarat TKDN, Meizu menyelipkan beberapa aplikasi lokal seperti Lazada dan BaBe. Kamu juga akan menemukan alternatif browser, UC Browser. Dan lima games yang disiapkan oleh Meizu (preinstall).

Jika menurut kamu tidak diperlukan, kamu bisa uninstall semua aplikasi tersebut.

Daftar akun Flyme

Ini adalah kali pertama kamu pakai device Meizu ? Jika iya, tidak ada salahnya kamu daftar akun Meizu, meski tidak wajib. Caranya seperti ini;

Settings > Meizu Account > Login/Register > Register

Lanjutkan dengan pilih kode negara, +62 untuk Indonesia, kemudian isikan nomor telepon kamu tanpa angka 0 didepannya.

Kemudian isikan password, ikuti aturan password yang tertera,

Lanjutkan dengan tap tombol Get code,

Kode OTP akan dikirimkan lewat SMS, selesaikan dengan tap tombol Register. Akan ada dua opsi yang muncul, Sync Data dan Phone Finder, centang yang diperlukan, lalu tap Done.

Menghilangkan Navbar

Meizu adalah salah satu oem Android yang mengandalkan navigasi gesture, tapi di Meizu M6 yang akan kamu temukan pertama kali adalah navigasi sentuh. Berikut ini adalah cara menyembunyikan navigasi sentuh;

Tap Settings > Accesibility > System > Matikan opsi Show navigation bar

Jangan lupa untuk menyimpan password di tempat terpisah, seperti aplikasi note Keep, banyak cerita teman-teman yang lupa password hingga akhirnya tidak bisa logout dari akun Flyme.

Dan selesai.

Meizu M6 kamu sudah bisa 4G, akun Flyme sudah dibuat, bloatware sudah dihapus, tidak lagi mengandalkan navigasi sentuh, lanjutkan dengan yang biasa kamu lakukan setelah beli handphone baru. Salam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here