Xiaomi umumkan MIUI 10 dan Mi 8

97

Di ulang tahunnya yang ke 8, Xiaomi memperkenalkan MIUI 10, antar muka MIUI terbaru dan Mi 8, suksesor dari flagship Xiaomi sebelumnya, Mi 6.

MIUI 10

Sejak layar full display jadi tren, Xiaomi mulai memperkenalkan navigasi gesture, menggantikan navigasi konvensional yang biasa ditemukan di device Xiaomi. Fitur navigasi gesture ini sudah dicoba sejak MIUI 9.

Di MIUI 10, Xiaomi menasbihkan sebagai seri MIUI yang akan memberikan pengalaman terbaik pada layar full display. Mungkin bahasa sederhananya seperti ini, di MIUI 10, fungsi dari navigasi gesture bakal lebih dimaksimalkan.

Salah satunya terdapat pada ‘Recent.’ Biasanya kalau kita melihat daftar aplikasi yang sedang aktif, tampilannya akan horizontal, menyamping. Di MIUI 10, ‘Recent’ berali tampilan jadi vertikal. Selain untuk memaksimalkan luas layar, perubahan tampilan pada ‘Recent,’ ini tidak lain untuk memberikan pengalaman yang lebih baik saat menggunakan navigasi gesture.

Hal lain yang akan kita temukan di MIUI 10 adalah kehadiran AI pada kamera. Lewat AI pada MIUI 10, semua kamera smartphone baik single ataupun dual kamera akan memiliki efek bokeh saat mengambil objek secara portrait.

Mi 8

Jika mengurut angka, sejatinya flagship yang kali ini dirilis, seharusnya adalah Mi 7. Lalu kenapa jadi Mi 8 ? Semata-mata karena menurut Xiaomi, evolusi yang ada pada Mi 8 melompati satu generasi flagship. Hingga akhirnya dipilih nama Mi 8. Di lain sisi, pada saat yang bersamaan Xiaomi juga berulang tahun yang ke 8.

Mi 8 punya bentangan layar 6.21 inci. Layarnya Samsung AMOLED mendukung fitur Always On. Punya resolusi 2248×1080 FHD+. Chipset yang digunakannya adalah Snapdragon 845, dengan raihan skor antutu, 301,472.

Di bagian belakang ada dual kamera masing-masing 12 Megapixel. Sementara di bagian depan ada kamera dengan resolusi 20 Megapixel. Kualitas kamera Xiaomi Mi 8 menempatkannya pada peringkat ke lima smartphone dengan kamera terbaik menurut versi Dxomark.

Masih ada dua varian lagi dari Mi 8 yang akan dijual Xiaomi. Yaitu Mi 8 Explorer Edition. Hadir dengan in display fingerprint sensor, back cover yang transparan, dan fitur 3D face unlock.

Terakhir adalah Mi 8SE. Ini adalah varian Mi 8 yang menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 710, layarnya lebih kecil dengan 5.88 inci. Pun kamera belakangnya sedikit berbeda, masih dual kamera, terdiri dari kamera dengan resolusi 12 Megapixel dan 5 Megapixel.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here