Waspada, malware menyerang smartphone kamu

31

Hati-hati, malware semakin menyerang smartphone. Sepanjang tahun ini serangan malware ke smartphone mengalami peningkatan tajam hingga tiga kali lipat. Demikian menurut Kaspersky Malware Report untuk kuartal pertama 2017.

Kaspersky mendeteksi lebih dari 218 ribu ransomware selama kuartal pertama 2017. Sementara pada kuartal sebelumnya ada sekira 61 ribu malware. Jenis ransomware paling banyak menyerang smartphone adalah Congur dengan 86%.

Baca juga Malware Excel beredar di WhatsApp

Congur adalah blocker yang mengatur ulang PIN atau passcode device, sehingga kamu tak bisa membuka device. Kemudian, kamu diminta menghubungi pelaku serangan melalui QQ messenger untuk membuka blokir tersebut.

Tak hanya mengubah PIN, beberapa varian Congur juga mengambil keuntungan lain, yakni memasang modul mereka ke sistem sehingga modul ini tak bisa dihapus. Malware lain adalah Trojan-Ransom.AndroidOS.Fusob.h dengan persentase 45%.

Secara sederhana, malware ini bisa dihindari kalau tidak membuka link mencurigakan dan hanya install aplikasi yang terpercaya dari Google Play Store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here