Video berisi musik ilegal akan dihapus Facebook!

48

Suka mengupload video dengan latar musik populer tanpa izin? Nah kamu bakal kena batunya. Facebook sedang merencanakan algoritma yang bisa mengenali musik dan video bajakan, serta otomatis memblokirnya agar tidak lagi tampil di aliran timeline.

Jika ditemukan konten video dengan backsound musik yang tidak memiliki izin, Facebook akan memblokir video itu secara otomatis agar tidak bisa dilihat orang lain. Ini dilakukan dengan kerjasama lisensi dengan label rekaman resmi.

Fitur ini memang belum ada, tapi sedang dalam tahap perencanaan untuk paruh awal 2017. Algoritma ini disebut-sebut mirip dengan yang dimiliki YouTube untuk hal serupa, yakni Content ID.

National Music Publisher Association Amerika Serikat, berhasil mengidentifikasi 887 video yang memakai lagu-lagu dari Top 33 tanpa seizin penciptanya. Keseluruhan video tersebut berhasil memanen total 619 juta views, atau rata-rata sekitar 700.000 views per video. Tentu saja hal ini dianggap merugikan bisnis musik. Maka, kalau punya konten, pastikan musiknya asli atau sah dibeli.

fbox-boleh

Baca juga: 5 hal yang dicontek Facebook dari Snapchat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here