Tips Xiaomi Mi 5: Flashing MIUI Global ROM Stable v7.2.4.0.

11287

Tepat di saat artikel Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Beli Xiaomi Mi 5 selesai dibuat, MIUI ROM versi Global Stable untuk Xiaomi Mi 5 tersedia untuk di download di laman resmi MIUI.

Tips kita kali ini akan membahas bagaimana sih caranya flashing Xiaomi Mi 5 ke Global ROM Stable, tanpa harus menunggu kode unlock bootloader dari Xiaomi.

Berikut ini jamunya.

Waduh, kok banyak banget jamunya. Terus itu apa, kok rasanya tips buat migrasi ke China stable lebih mudah.

Triknya memang beda. Tapi dengan tips berikut ini, device Xiaomi Mi 5 yang baru di bawa pulang juga bisa langsung migrasi ke ROM Global tanpa harus jalan-jalan dulu ke China.

Pada dasarnya, ini adalah tips untuk flashing ROM Xiaomi dengan metode fastboot. Dengan trik tambahan agar fastboot bisa dilakukan meski device Mi 5 Anda terkunci bootloadernya. Yuk dimulai.

Part 1: Di PC/Laptop

  1. MiFlash: Instal MiFlash 64bit di PC/Laptop
  2. ADBMi5: Biar eksekusinya mudah, copy file .zip dari ADBMi5 yang sudah di download sebelumnya lalu, paste di Local Disk (C:) kemudian ekstrak disitu.
  3. Fastboot ROM:
    Secara default, file Fastboot ROM yang akan tersimpan pada folder downloads.

    tips-xiaomi-mi-5
  4. Ekstrak file .tgznya. Hasilnya akan seperti initips-xiaomi-mi-5
  5.  Klik dua kali, di dalamnya ada folder lagi yang berisi images dan lain-lain. Pindahkan folder tersebut ke folder downloads. tips-xiaomi-mi-5
C:\Users\pcAnda\Downloads\gemini_global_images_V7.2.4.0.MAAMIDC_20160129.0000.14_6.0_global

 

Part 2: Instal Driver

  1. Aktifkan mode EDL. Caranya, tap Settings > About Phone > Tap berkali-kali (7x) hingga muncul notif You’re Developer
    Tap tombol navigasi Back, lalu pilih Additional Settings > Developer Options > Centang opsi USB debugging.
  2. Dengan kabel USB hubungkan Xiaomi Mi 5 ke PC/Laptop.
  3. Buka Local Disk (C:), arahkan cursor mouse ke folder ADBMi5, tekan shift dan klik kanan tepat pada folder tersebut, kemudian klik Open Window Command Here (atau cukup dengan menekan huruf W pada keyboard) tips-xiaomi-mi-5
  4. Pada jendela Windows Command, ketik: adb devices tekan enter, dan tunggu, setelah selesai.tips-xiaomi-mi-5
  5. Lanjutkan dengan ketik: adb reboot edl tekan enter,
  6. Krik.. krik.. krik.. device kok gak reboot.. pindahkan kabel data ke slot usb yang lain pada PC/Laptop. Ulangin poin 4 untuk melihat apakah Mi 5 sudah terhubung, lalu ulang perintah pada poin 5. Hingga muncul tulisan reboot. tips-xiaomi-mi-5
  7. Jika device reboot, dan kembali hidup, biarkan Mi 5 menyala normal, cek jika ada notif tambahan pada device, lalu pada window command, ulangi ketik: adb reboot edltips-xiaomi-mi-5Mi 5 kemudian akan ‘mati suri’.
  8. Buka Device Manager, caranya tahan tombol windows (samping tombol alt) di keyboard + ‘X’ bersamaan, lalu pilih Device Manager.
  9. Kita akan lihat jika Mi 5 terdeteksi sebagai ‘QHUSB_BULK’. Jika belum terlihat, coba pindahkan ke slot USB lain yang ada pada Arahkan kursor, klik kanan di atasnya, lalu pilih ‘Update Driver Software’
  10. Pilih “Browse My Computer for Drifer Software” arahkan path ke C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone\Qualcomm\Driver
  11. Pilih ‘Next’. Jika ada notif popup “Windows Security” pilih “Install this Driver Software anyway”.
  12. Cek kembali Device Manager, lihat apakah drivernya sudah berubah dari ‘QHUSB_BULK’ menjadi ‘Qualcomm HS-USB.’tips-xiaomi-mi-5

Part 3: Waktunya Flashing !

  1. Buka MiFlash yang sudah di instal sebelumnya. tips-xiaomi-mi-5
  2. Cari folder fastboot yang disiapkan di part 1. Untuk contoh ini saya siapkan di C:\Users\pcAnda\Downloads\gemini_global_images_V7.2.4.0.MAAMIDC_20160129.0000.14_6.0_global. Sesuai dengan yang sudah disiapkan pada part 1.
  3. Klik Refresh. Nanti akan terlihat device kita muncul di MiFlash, namanya bukan Mi5 ataupun berupa kode, yang muncul adalah port USB yang digunakan. Untuk tutor ini yang muncul pada kolom device adalah COM3.
  4. Centang opsi Flash all di bagian bawah. Lalu klik tombol Flash yang ada disamping Refresh dan berdoa.. 😀
  5. Setelah selesai, tutup MiFlash, cabut kabel USB dari PC/Laptop, lalu hidupkan Xiaomi Mi 5 Anda. Pada beberapa kasus, ada yang Mi 5-nya langsung booting sendiri.

tips-xiaomi-mi-5

Done selesai, selamat menikmati Xiaomi Mi 5 dengan MIUI Global ROM versi stabil.

mi-5-flash-global-readme-id

 

Fyi di percobaan pertama sempat gagal, karena salah download versi MiFlash, harusnya versi 64bit, yang dipakai malah versi 32bit. Alhasil, Mi 5 kembali hidup (masih di ROM China), tapi WiFinya tidak bekerja dengan baik.

Semuanya Alhamdulillah berhasil di percobaan kedua, setelah download MiFlash 64bit, dan menyesuaikan path fastboot image (buat jaga-jaga). WiFi kembali hidup. Hingga akhirnya terciptalah tips di atas.

All credit goes to @paramgagan dan @earlragnar. Ditulis ulang oleh editor ReadMe.id, setelah sebelumnya mencoba flashing dan berhasil. Semoga bermanfaat.

Suka dengan konten-konten yang ada di ReadMe.id ? Like fan page kami disini.

32 COMMENTS

  1. gan pake rom ini memang gak ada pembaruan ya .. aplikasi juga sedikit beda sama cina stable ….. kalo mw balik ke cina stable gimana ya om ??

    • rom global untuk mi5 sementara di suspend, jadi tidak ada apdet2an dulu om, terakhir cek masih belum muncul lagi versi stable dari rom global untuk Mi5. dari beli apakah sudah pernah request untuk unlock bootloader ke xiaomi ? jika belum coba ke sini om http://en.miui.com/unlock/index.html silahkan request, nanti tinggal di isi, prosesnya 10 harian, setelah dapat approval, lewat tools Mi Unlock, om bisa unlock kemudian flash dengan cara yang biasa ada pada forum MIUI.

  2. Mau di coba tutorialnya tapi ini beneran kan ga perlu unlock bootloader langsung ikutin tutorialnya aja.
    Baru beli dapat rom abal2 kayanya rom china, version: 7.2.94.99

  3. Pas beli sdh dpat rom global stabil,sejak pke namanya xiaomi,ane lebih senang pake rom china dev,…trus cara ini bsa diaplikasikan buat mi5 ane gak,yg sdh rom global stabil,mw pindah rom cina dev.

  4. kang nurron, hape mi5 saya pas tahap “adb reboot edl” dicoba berulang2 kok nggak mati suri yak? selalu reboot biasa. crosscheck, tampilan pas tahap “adb devices” keterangannya bukan sideload, tapi device, kenapa ya kang?

  5. Sekiranya ada yang belum berhasil, dan masih penasaran, kebetulan sy sedang di Jakarta (Kelapa Gading), biar di bantu flashing ke globalnya. PM saja ke @nurron di Telegram.

Opini Kamu

Please enter your comment!
Please enter your name here