Ada Tiga Jenis Helio X10, Salah Satunya Ada di Redmi Note 2

158

Tahun lalu, jagat ranah mobile diramaikan dengan parade chipset dari Qualcomm. Well, tahun ini romannya mulai berganti. Samsung kian serius menggunakan Exynoss, Huawei juga mulai yakin dengan Kirin, tidak terkecuali Xiaomi.

Memang, Lei Jun, CEO Xiaomi pernah bilang, khusus untuk flagship akan selalu menggunakan chipset dari Qualcomm. Tapi lain cerita dengan varian Redmi. Model yang selalu akan hadir dengan harga murah tapi memiliki performa sekelas flagship. Demi menekan beban produksi dan menjaga agar harga jual tetap murah, mulai tahun ini Xiaomi produksi chipset sendiri.

Tentu tidak dengan membangun pabrik chipset sendiri, karena itu bukan gaya Xiaomi. Tapi dengan menanamkan investasi ke Leapcore, salah satu pabrikan chipset. Yang membuat Leapcore jadi bagian dari ekosistem yang dibuat oleh Xiaomi selama ini.

Alternatif yang dilakukan Xiaomi adalah dengan mengadopsi chipset dari Mediatek. Dan Redmi Note 2 jadi varian Xiaomi perdana yang menggunakan Helio X10, chipset flagship dari Mediatek.

Selidik punya selidik, ternyata ada tiga varian Helio X10 yang dibuat oleh Mediatek. Mana yang digunakan oleh Redmi Note 2, dan device Android apa saja yang menggunakan Helio X10.

Chipset Helio X10 yang digunakan oleh Redmi Note 2 adalah model MT6795. Dibuat dengan proses fabrikasi 28nm, di dalamnya terintegrasi CPU 64-bit 8 Core Cortex A53 dengan clock maksimal 2 GHz. Selain itu ada GPU PowerVR G6200 dengan clock hingga 700 MHz. Mendukung resolusi layar hingga 2560 x 1600 pixel.

Chipset Helio X10 MT6795 ini tidak hanya ditemukan pada Redmi Note 2 saja. Tapi juga digunakan pada HTC One E9+ dengan bandrol harga jauh lebih mahal dibandingkan Redmi Note 2.

Dua chipset Helio X10 lainnya adalah sebagai berikut.

MT6795M, perbedaannya terletak pada GPU PowerVR G6200, dengan clock hingga 500 MHz. Selain itu resolusi layar yang didukungnya 1080 x 1920 pixel.

Selanjutnya adalah MT6795T. Spesifikasi lainnya sama dengan model MT6795, yang berbeda adalah clock CPU yang lompat hingga 2.2 GHz.

[table “2” not found /]

Selain pada HTC One E9 Plus, Helio X10 juga digunakan Sony untuk Xperia M5 dan Meizu MX5.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here