Samsung mematenkan display yang bisa ditekuk

38

Baru-baru ini Samsung mendapatkan paten display OLED yang bisa ditekuk di Amerika Serikat. Nampaknya ini akan diterapkan pada display yang bisa ditekuk. Berdasarkan gambar rancang bangun, paten yang di Amerika Serikat bernomor 9,504,145, ini dinamai “Flexible display device.”

flex_oled1-683x420

Ini adalah usaha raksasa Korea Selatan untuk memproduksi display yang tidak akan rusak jika ditekuk. Bagaimana caranya? Bahan elastomer film disisipkan di antara dua lapisan elektroda yang ada.

Baca juga: Ini markas besar Samsung di Silicon Valley

Listrik kemudian dialirkan ke kedua lapisan elektroda itu sehingga bisa ditekuk dengan mudah. Samsung sendiri dilaporkan sudah menyibukkan diri dengan rencana display yang bisa ditekuk semenjak dua tahun lalu.

flex_oled2-1

Kegunaan lainnya adalah, display tidak akan retak atau rusak jika jatuh. Samsung juga mengungkapkan mereka berniat mengkombinasikan paten ini dengan fitur tahan panas sehingga nantinya, kalau jadi, akan menjadi display tangguh yang fleksibel. Belum ada informasi kapan display ini diproduksi massal dan untuk varian Samsung yang mana.

Opini Kamu