Sambut Hari Sumpah Pemuda, Turnamen Sains Data Nasional Kembali Digelar

7

Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, Turnamen Sains Data Nasional (TSDN) kembali digelar. Turnamen berskala nasional ini bertujuan untuk meningkatkan daya juang serta kesadaran pada pentingnya sains data dan artificial intelligence (AI) serta meningkatkan keahlian para Pemuda Indonesia.

Tahun ini, Data Academy berkolaborasi dengan ASDASI (Asosiasi Data Sains dan AI Indonesia) menjadi penyelenggara Turnamen Sains Data Nasional (TSDN) 2022 yang mengusung tema “Implementasi Data Sains & Artificial Intelligence untuk Bisnis”. Harapannya, tahun ini dapat diikuti oleh lebih banyak peserta dari tahun lalu setidaknya 3500 peserta yang terdiri dari pelajar SMA/SMK, mahasiswa, penggiat data, hingga pekerja profesional di bidang data sains.

“Sesuai peruntukannya, acara pembukaan Turnamen Sains Data Nasional (TSDN) 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2022 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Harapan Kami, acara ini dapat menumbuhkan nilai perjuangan serta minat dan bakat anak anak muda dalam bidang data sains dan teknologi. Tema yang menarik dan cukup menantang untuk dapat memacu daya kreatifitas yang dibutuhkan generasi muda saat ini. Selain itu, turnamen ini didasari oleh sinergi yang baik antar sektor pendukung konsep link and match, yaitu prinsipal, edukasi, profesional, komunitas, industri serta pemerintahan.” ujar Luthfy Ardiansyah, Direktur Data Academy.

Pendiri ASDASI, Bambang Heru Tjahjono berpendapat, “Turnamen nasional ini sangat penting untuk dilaksanakan karena dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya data termasuk keamanan data. Hal ini memerlukan semua pihak untuk terlibat. Semoga dengan adanya Sumpah Pemuda dan TSDN 2022, hal ini dapat menjadi langkah penting penguasaan data di Indonesia”

Pendaftaran turnamen ini resmi dibuka dalam tiga kategori peserta yaitu, kategori pelajar (SMA/SMK/Sederajat), mahasiswa, dan umum mulai 5 Oktober 2022 melalui laman web https://dataacademy.co.id/tsdn2022/ dan akan berlangsung hingga akhir Oktober ini. Peserta yang mengikuti TSDN 2022 wajib memiliki tim dengan anggota minimal 2(dua) orang dan maksimal 5(lima) orang serta dengan minimal usia 16 tahun. Turnamen ini menawarkan hadiah fantastis berupa uang tunai dengan total hingga 150.000.000 untuk keseluruhan kategori.

Data Academy, sebagai penyelenggara dan sponsor utama TSDN 2022, merupakan pusat studi untuk para profesional di bidang data sains dan artificial intelligence (AI). Data Academy bersinergi dengan institusi edukasi, industri, pemerintahan dan komunitas membangun keterampilan di bidang Data Science dan Artificial Intelligence (AI).

(SPR)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here