Review Xiaomi Mi 5, performa oke, harga sahabat

958

Flagship device. Flagship identik dengan performa outstanding. Flagship identik dengan kamera yang juara. Flagship identik dengan teknologi paling mutakhir. Dan tentu saja, flagship identik dengan harga yang mahal.

Coba deh dilihat, berapa sekarang kisaran harga flagship paling ramah dari Samsung, Sony atau LG, berkisar antara Rp 8 – 10 juta. Bahkan brand Lenovo dan Meizu yang notabene satu kampung dengan Xiaomi, giliran sudah berbicara flagship harganya luar biasa.

Kata flagship yang ringan diucapkan nyatanya berat di kantong. Di part ini, Xiaomi memang juara. Entah dengan cara apa, mereka bisa merilis flagship dengan harga murah dengan kualitas yang tetap terjaga. Yang jelas kombinasi apik ini membuat siapa saja, baik user Xiaomi ataupun bukan, terpantik untuk meminang Xiaomi Mi 5, latest flagship dari Xiaomi.

Terlepas bahwa Xiaomi Mi 5 ini memiliki tiga varian lain, Mi 5 adalah flagship. Baik dengan RAM 3 GB Storage 32 GB, atau RAM 3 GB storage 64 GB, atau RAM 4 GB storage 128 GB. Ke tiganya tetap disebut flagship anyar Xiaomi. Dan mungkin, ini alasan Xiaomi untuk merilis varian terendah Xiaomi Mi 5 di market global (India). Harganya kompetitif, spesifikasi menarik, dan tentu saja, ini flagship.

Meski pada kenyataannya yang sering digunakan Xiaomi di setiap momen unjuk kebolehan, device Mi 5 yang digunakan tidak lain adalah Mi 5 Pro, dengan RAM 4 GB dan storage 128 GB.

Kembali lagi, ini adalah flagship.

review-xiaomi-mi-5-readme
Alat tempur review Xiaomi Mi 5

ReadMe sengaja mengulas Xiaomi Mi 5 dalam kondisi yang senormal mungkin, sewajarnya sesuai dengan keseharian para pengguna smartphone pada umumnya. Xiaomi Mi 5 sengaja di bawa ke Bandung. Kami tidak menggunakan fitur dual sim, hanya menggunakan satu sim card saja dengan provider Tri.

Proses review dimulai sejak jam 9 pagi, kondisi Xiaomi Mi 5 dalam keadaan mati total, baterai sengaja dibiarkan habis hari sebelumnya.

Melengkapi perjalanan, satu buah film HD, beberapa koleksi lagu flac pilihan dan segelintir majalah teknologi impor sengaja disematkan di dalam storage Mi 5. Mengingat di tengah perjalanan, ada beberapa area di jalan tol yang blank spot dari sinyal. Akses internet kurang memadai bisa diganti dengan menonton film atau mendengarkan musik selama dan baca majalah selama perjalanan berlangsung.

Desain

Dari penampilan, Xiaomi Mi 5 memang paripurna meski bukan versi Mi 5 yang menggunakan body ceramic. Pas untuk di genggam, nyaman, dan cukup licin. Berjaga dengan soft case adalah pilihan yang tepat.

Memang lebih nyaman jika tidak memakai case tambahan, tapi melihat beberapa kasus sebelumnya, body Mi 5 ini begitu rentan terhadap benturan. Jadi pastikan setelah membeli Xiaomi Mi 5, Anda langsung membungkusnya dengan case tambahan.review-xiaomi-mi-5-readme

Mengikuti pakem kekinian, Mi 5 mengadopsi fingerprint scanner. Berakibat pada munculnya tombol fisik yang ada di bagian bawah panel depan. Selain untuk unlock device, tombol ini bisa dikustomasi sebagai jalan pintas menuju tampilan muka Mi 5. Jadi tidak perlu lagi menekan tombol, cukup dengan sentuhan.

review-xiaomi-mi-5-readme

Like fanpage ReadMe, buat dapetin kabar teranyar Xiaomi langsung di Facebook feed kamu.

Sementara di atas layar, ada kamera depan yang ditemani oleh sensor dan speaker. Tombol volume dan power ada di sebelah kanan, untuk sim card Xiaomi meletakkannya di sebelah kiri. Di panel atas, kita akan melihat kehadiran IR Blaster dan port Audio 3.5mm, membuat Mi 5 jadi remote tv juga bisa kalau Anda mau. Port charging USB Type C ada di panel bagian bawah. Sementara di panel belakang ada kamera 16 Megapixel PDAF dengan dual led flash.

review-xiaomi-mi-5-readmereview-xiaomi-mi-5-readme

Baterai

Kenapa baterai jadi yang pertama ? karena ini modal segalanya saat ingin menggunakan gadget dalam bentuk apapun. Baterai Xiaomi Mi 5 punya kapasitas 3000 mAh. Agak miris, terlebih di beberapa varian Redmi anyar, kapasitas baterai sudah lompat ke 4000 mAh. Tapi mari kita uji.

Dalam kondisi mati total, Xiaomi Mi 5 yang sudah punya fitur Quick Charge 3.0 di charging dengan menggunakan charger bawaannya. Dalam tempo 40 menit, baterai sudah terisi 50%. Dan cukup ditambah 60 menit lagi, hingga akhirnya baterai terisi penuh 100%. Ingat waktu charging akan berubah manakala Anda melakukan proses charging saat Mi 5 dalam keadaan hidup.

Dengan kondisi review seperti apa yang akan dipaparkan kemudian. Baterai Xiaomi Mi 5 sanggup bertahan hingga jam 10 malam. Lebih kurang 12 jam.

LAYAR

Di tengah perjalanan, sinyal mulai gelegepan. E..3G..E..3G..H..H..E..E……..E.. Baterai mulai terasa panas, ah kesempatan. Kita mulai dengan memutar film. Kebetulan ini adalah film Star Wars paling anyar, The Force Awakens dengan resolusi 1080p. Tajam gambarnya ? bangettt. Seru filmnya ? ya ya ya.

Screenshot_2016-04-25-11-25-14_com.miui.videoplayer copy

Aplikasi pemutar video bawaan Xiaomi cukup handal mengolah ragam format video. Sayangnya, tidak ada opsi untuk menampilkan subtitle. Sebuah alasan kecil, yang akhirnya membuat ReadMe memutar video dengan mengandalkan aplikasi MX Player.

Opsi Brightness sengaja diposisikan Auto, sekedar ingin tahu, bagaimana layar Xiaomi merespon saat kondisi kurang cahaya, dan saat berada di bawah terik matahari.

Film Star Wars: The Force Awakens terpaksa to be continued. Karena mau coba fitur Read mode. Sambil lalu, file majalah dalam format PDF pun dibuka, wah banyak drone baru ternyata. Dalam kondisi cahaya memadai, membaca dengan mode read mode sangat nyaman, tidak terlalu silau, meski background majalah banyak dihiasi warna putih yang dominan.

SUARA

15 menit sebelum sampai ke tempat tujuan. Pemutar musik pun dihidupkan. ReadMe menggunakan ear phone yang kebetulan punya output suara bass yang kental. Untuk part yang ini dikembalikan ke selera masing-masing. Yang menjadi tolak ukur adalah, bagaimana Mi 5 mengolah lagu-lagu dengan format yang tidak biasa (.flac). Berikut ini adalah playlistnya;

Armin van Buuren: Home (bass), Richard Marx: Now and Forever (clarity), Paramore: Decode (treble).

Jujur saja tidak punya telinga emas, tapi ke tiga lagu ini cukup representatif. Masing-masing lagu terdengar nyaman, Home tetap kental bassnya, tidak ngedrop ataupun over, Now and Forever begitu jernih, dan Decode yang, yah begitulah Decode, speechless.

Yang menarik adalah saat fitur Mi Enhancer dihidupkan, kualitas audio jadi berantakan. Bisa jadi karena earphone yang digunakan bukan dari Xiaomi.

GRAFIK

Menyoal grafik, sebelum review di mulai, ReadMe sudah download beberapa game yang masuk kategori seru. Beberapa diantaranya menantang hardware. Sebut saja Warhammer Freeblade, Mortal Kombat X, Vain Glory dan Ridge Racer. Sekedar bumbu ada game RISK, Angry Birds 2, Warriors dan Clash of Royal.

Lalu bagaimana hasilnya..

Screenshot_2016-04-25-01-54-26_com.pixeltoys

Baik Mortal Kombat, Vain Glory ataupun Ridge Racer bisa dimainkan dengan sempurna. Sama sekali tidak ada lag. Secara kalau game fighting di kasih lag alamat sudah kalah sebelum perang. Sama halnya dengan Vain Glory. Meski cara mainnya tidak rumit, banyaknya karakter yang muncul di satu layar jadi cobaan yang berat, dengan Mi 5 semuanya terlewati dengan nyaman. Tidak terkecuali dengan Ridge Racer.

Yang jelas, main game dengan formulasi grafik yang kompleks membuat daya tahan baterai terkuras cepat.

Berapa skor Antutunya ? apakah menjanjikan ?

Screenshot_2016-04-25-12-43-02_com.antutu.ABenchMark

Kamera

Tidak terlalu banyak mengeksplorasi bagian kameranya. Yang jelas, kualitas yang ditampilkan jika fitur HDR diaktfikan gambar terlihat begitu ‘dalam.’ Seperti biasa, Xiaomi menyelipkan fitur tambahan, seperti beautify, fitur yang bisa menyulap muka jadi tambah mulus saat di foto. Ditambah lagi dengan hadirnya ragam filter yang bisa digunakan secara instan saat kita mengambil objek foto.

ReadMe menyempatkan mengambil objek beberapa bangunan dan suasana di pusat kota Bandung. Saat itu kondisi cuaca sedang mendung. Kira-kira hasilnya seperti ini.

IMG_20160413_114226_HDR IMG_20160413_114140_HDR IMG_20160413_113620_HDR IMG_20160413_112629_HDR IMG_20160413_112526_HDR IMG_20160413_112053_HDR IMG_20160413_111640_HDR IMG_20160413_111117_HDR IMG_20160413_111105_HDR

Opini Kamu

Please enter your comment!
Please enter your name here