Review Meizu m2

1646

Kamera

Kamera yang baik pada smartphone menjadi salah satu alasan penting, untuk banyak orang memilih smartphone. Biasanya device yang dianggap murah, tidak akan memiliki kamera yang bagus, bahkan dianggap cukup baik saja sudah bisa dikatakan beruntung.

Dengan ukuran kamera belakang 13MP dan kamera depan 5MP, pada device dengan harga dibawah 2jt sebenarnya sudah bisa dikatakan menarik. Tetapi jika melihat fitur kamera yang disediakan pada Meizu M2 sedemikian lengkap, cukup membuat heran.

Pertama cara autofokus pada kamera Meizu M2. Biasanya ada 2 macam standar tap to focus pada kamera smartphone, pertama ketika di tap fokus pada sebuah object, maka selain fokus dipusatkan pada object tersebut , exposure juga ikut berubah sesuai kondisi gelap terang object. Dengan cara fokus ini seringkali kita mendapatkan objek yang terang, tetapi disekitarnya bisa terlalu terang atau over exposure, atau bahkan menjadi kebalikannya. Cara tap to focus lainnya, seperti yang banyak dianut smartphone dari Samsung. Ketika jari men-tap fokus, yang terjadi hanya fokus kepada objek yang di tap tanpa merubah ukuran exposure.

Meizu M2 memberikan pilihan pada kita untuk menggunakan cara tap to focus yang mana. Bisa menggunakan cara pertama dimana fokus sekaligus merubah exposure, atau cara ke dua dengan memisahkan antara focus dan eksposure. Cara ini membuat kita bisa mengontrol lebih baik hasil terang dan gelap pada foto. Cukup tap kan focus ke objek pada layar smartphone Meizu M2, yang menampilan sebuah kotak fokus dengan lingkaran didalamnya, kemudian kita bisa menggeser lingkaran didalamnya sebagai pilihan untuk mengatur eksposure sesuai terang gelap objek yang akan kita foto. Misalkan saat kita tap to focus kamera pada wajah orang yang akan kita foto, tetapi merasa fotonya agak gelap, kita bisa tetap fokuskan kamera ke wajah orang dan menggeser lingkaran exposure  ke daerah dimana gambar memiliki area yang bernuansa lebih gelap atau terang, sehingga exposure berubah tanpa fokus berganti.

FOKUSEXPOSUREMenu kamera yang bisa dipilih dengan hanya swipe pada layar juga memudahkan, selain foto dengan konfigurasi auto, kita kan mendapatkan setting foto dengan setting manual yang biasanya hanya dimiliki oleh smartphone hi-end. Pada mode manual ini bisa mengatur sendiri ISO, focal length, exposure sampai kepada shutter speed yang bisa diset paling lama 10 detik.

0030Selain mode manual, ada pilihan beauty yang lebih banyak digunakan untuk foto selfie, tetapi ternyata juga bisa digunakan pada kamera belakang,  mode panorama untuk men-stich beberapa gambar yang tidak bisa masuk dalam sekali capture kamera, Light field untuk menentukan fokus belakangan (bokeh di depan atau di belakang), mode scan untuk membaca QRcode, dan  slow motion video.

0048

Sama seperti banyak smartphone hasil foto bisa langsung di edit dari gallery, demikian juga pada Meizu M2. Mau edit foto dengan settingan yang langsung jadi seperti pada menu instagram, atau diedit per bagian seperti pengaturan kontras, temperatur, saturasi, dll, bisa dilakukan di gallery Meizu M2. Tetapi menu yang jarang dipunya smartphone lain untuk edit adalah mengkompres ukuran foto menjadi lebih kecil secara langsung tanpa membutuhkan software third party tambahan.

11465Cukup klik logo i (informasi) pada foto gallery yang akan menampilkan informasi exif foto, ada pilihan rename dan resize. Dengan resize kita bisa membuat ukuran foto lebih kecil untuk di share misal di social media atau email, untuk menghemat data.

Audio

0035

Apa sih sebenarnya yang diharapkan dengan audio dari device affordable? Asal bisa berbunyi untuk mendengar lagu juga terkadang kita anggap cukup.

Well, ini yang cukup mengejutkan dari device Meizu.

Sebelum menjadi pembuat smartphone, Meizu dulu adalah pembuat MP3 player. Saat masih menjadi pembuat MP3 player, mereka sudah berhasil menarik banyak peminat dan sanggup membuat antrian pembeli, karena berhasil membuat MP3 player yang berkualitas dan affordable.

Pada kebanyakan smartphone, hanya versi hi-end yang biasanya sanggup memutar lagu dalam format lossless atau sering dikenal dengan high quality audio. Bahkan beberapa smartphone yang mengikrarkan diri sebagai audio phone, seringkali tidak sanggup memutar lossless audio dalam format 24bit.

Device satu koma Meizu M2 ini ternyata sanggup dengan lancar memutar audio dalam berbagai format, format audio kompak dengan standar MP3, sampai lossless seperti Flac audio.

Bagaimana dengan hasil suaranya?

Di dalam packaging, tidak terdapat earphone. Sebenarnya ini bisa menjadi langkah yang baik, setidaknya buat banyak orang yang tidak pernah banyak menggunakan earphone standar bawaan smartphone. Tanpa menyertakan earphone, harga jual smartphone dapat lebih dipangkas. Lagipula, kebanyakan earphone bawaan smartphone kualitasnya hanya biasa-biasa saja.

Meizu M2 melengkapi audio dengan DIRAC HD sound, algoritma paten audio yang dimiliki perusahaan dirac dan banyak digunakan di berbagai macam audio product, bahkan untuk audio mobil2 mahal seperti BMW, Bentley, Roll-Royce dll.

Berbeda dengan efek suara, Dirac audio menganalisa output audio yang gunakan dan memaksimalkan hasil sesuai karakter earphone atau speaker output yang kita gunakan. Pada settingan yang tersedia, dirac hd sound di Meizu M2 sebenarnya hanya tersedia untuk kurang lebih 10 macam earphone, dari Sound Magic, Sennheiser dan Audio Technica.

Pada test dicoba menggunakan earphone Mi piston 1 dari Xiaomi, untuk memutar lagu dan mencoba konfigurasi dirac sound dari settingan 10 macam earphone yang tersedia. Setiap pilihan memberikan warna suara yang berbeda.

Hasil suaranya cukup mengejutkan, kriterianya bisa dibilang bagus, dan tidak terpikir bisa dihasilkan oleh device affordable sekelas Meizu M2.

Menggunakan lagu yang sama dan diputar di perangkat Xiaomi dengan mengaktifkan mode earphone piston, hasil audio yang dihasilkan lebih balance dan crisp di perangkat Meizu M2. Tetapi memang harus diingat juga, audio ini sangat bergantung terhadap persepsi dan “kesukaan” dari telinga masing-masing pendengar. Secara umum bisa dikatakan audio yang dihasilkan Meizu M2 memang berkualitas, apalagi  mengingat harganya yang affordable.

Well done Meizu!

1 COMMENT

  1. Waah…makasih atas reviewnya, Saya sedang memesan meizu m2.
    Kira- kira, adakah kelemahan dari device ini selain sim card slot yang tidak bisa di sandingkan bersamaan dengan sd card?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here