Review Meizu m2

1616

UI

Dulu android device pada awalnya memiliki 4 tombol untuk masing-masin fitur, Home, back, recent apps dan menu.

Kemudian berkurang menjadi 3 tombol , Home, recent apps, dan back button, dimana tombol ini bisa berbentuk hard button atau touch icon pada layar.

Pada Meizu M2 dan line up Meizu lainnya hanya ada satu tombol hard button, yaitu home button, dan Meizu lebih senang menyebutnya mBack button.

Meizu merasa penyederhanaan ini lebih cocok dengan UI yang didukungnya yang dinamai Flyme UI. Pada Meizu M2, Flyme UI sudah menggunakan Flyme seri 4.5 yang dibuat diatas android versi 5.1 Lollipop. Flyme UI mereka terbaru, versi 5.0 yang dibenamkan di device terbaru Meizu Pro 5. Berbeda dengan device dari China yang biasanya dipenuhi bloatware, atau aplikasi-aplikasi yang belum tentu diperlukan sangat banyak, Meizu M2 bisa dikatakan sangat sederhana. Pada device yang dicoba ini, bahkan google apps sendiri hanya tersedia playstore. Ada disediakan aplikasi market dari Meizu, (mengingat di China sendiri produk-produk google masih dilarang) , tetapi dengan mudah aplikasi market ini bisa di-uninstall.

mBackliteHome button ini memiliki 3 fungsi, jika ditekan klik, sama seperti home button pada Samsung devices yang akan membawa layar balik ke halaman home screen, home button ini juga mengenali gesture berupa tap ringan, yang akan berfungsi sebagai tombol back. Jika home button ini di klik dan ditahan, maka akan mematikan layar.

Sebagai pengganti fungsi tombol recent apps, Flyme UI menggunakan gesture dengan menggeser jari ke atas dari sisi pad ditepi kiri kanan home button ke arah layar, yang akan memunculkan icon-icon dari aplikasi yang sedang running. Tinggal tap icon untuk berpindah aplikasi atau swipe icon ke atas untuk menutup aplikasi.

Masih belum puas menggunakan hardware button, pada bagian setting gesture, tersedia banyak cara mengakses device ketika layar dalam keadaan mati. Bisa memilih double tap di layar seperti pada LG (knock on), atau cukup swipe jari dari bawah ke atas seperti Blackberry.

Selain itu, masih banyak gesture lain seperti membentuk huruf C untuk mengaktifkan langsung kamera dari layar mati, huruf E, huruf M, O, dll yang bisa di set untuk menjalankan banyak fungsi atau aplikasi ketika device dalama keadaan standby.

gestureMasih belum cukup, kita bisa mengaktifkan SmartTouch, yang akan menampilkan icon bundar transparan seperti pengganti home button pada iPhone. Bedanya icon bundar ini berfungsi lebih banyak, karena selain bisa di tap, bisa di double tap, bisa di swipe kiri kanan atas bawah untuk menjalankan berbagai fungsi seperti back, home, launch, end task dll. Lucunya bentuk icon bundarnya bisa berubah memanjang ketika di swipe, mengikuti arah swipe.

1 COMMENT

  1. Waah…makasih atas reviewnya, Saya sedang memesan meizu m2.
    Kira- kira, adakah kelemahan dari device ini selain sim card slot yang tidak bisa di sandingkan bersamaan dengan sd card?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here