Review Meizu m2

726

5 Tahun lagi menurut para ahli dan pengamat, ⅔ smartphone di dunia akan dikuasai oleh mid and low spec smartphone. Tetapi kita belum tahu, 5 tahun lagi apa yang disebut mid atau low itu seperti apa teknologinya nanti, karena tahun 2015 ini, apa yang disebut mid-end smartphone, dari sisi harga sudah mulai menyentuh low end smartphone, tetapi dengan spesifikasi yang kalau kita bandingkan dari sisi kecepatan, sama dengan produk flagship hi-end 1-2 tahun lalu.

Dalam pengamatan saya mengikuti perkembangan smartphone android sejak awal mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 2009, perkembangannya luar biasa cepat. Inovasi-inovasi baru terus bermunculan. Pada saat kita merasa inovasi sudah sampai pada sisi terdepan dan entah harus diapakan lagi, tetap saja inovasi selalu lahir yang baru. Apa yang dulu kemampuannya hanya dimiliki oleh smartphone hi-end, sekarang dimiliki oleh smartphone mid-end bahkan mulai ke low end.

Jadi 5 tahun lagi, mid dan low end smartphone pasti memiliki teknologi yang jauh lebih advance dibanding yang ada sekarang.

Darimana gelombang mid-end low-end smartphone android hadir? Tentu saja brand-brand China. Sebelumnya brand-brand China dipandang sebelah mata, karena kebanyakan menawarkan versi tiruan dari brand global yang lebih murah. Tetapi sekarang banyak dari brand China yang serius menjadi pendobrak model bisnis smartphone terdahulu, menawarkan smartphone dengan spesifikasi bagus, dengan harga yang terjangkau.

Kita mengenal Lenovo yang memberikan pilihan lebih terjangkau untuk pasar Indonesia, dan kemudian setahun lalu Xiaomi hadir dengan gaung yang besar, merubah pandangan kalau smartphone made in China mulai bisa diandalkan seperti brand-brand global, dari sisi teknologi yang bagus, tetapi dengan harga yang terjangkau. Memang ada brand-brand China lain yang sudah lebih dahulu hadir, dengan teknologi yang bagus, tetapi dari sisi harga masih mencoba bersaing dengan brand-brand global. Jadi dengan leluasa, Xiaomi melenggang dengan bagus di Indonesia.

Jadi siapa yang akan menjadi lawan Xiaomi di Indonesia?

Meizu, pabrikan smartphone dari China, kini mencoba ber-ekspansi ke Indonesia. Sama seperti Xiaomi yang merelease smartphone type awalnya dari seri mid-end untuk Indonesia, demikian juga Meizu.

Mengapa kita membandingkan Meizu dengan Xiaomi?

Karena keduanya memiliki produk yang hampir sejajar, dan jika diurut-urut, setiap produk A di Xiaomi, akan memiliki lawan sepadan B di Meizu.

Keduanya memiliki kemampuan yang mirip, produk dengan harga terjangkau, dan spesifikasi yang baik.

Xiaomi sekarang berkembang menjadi raksasa di China, tetapi Meizu sekarang juga dikenal sebagai salah satu perusahaan smartphone yang paling cepat pertumbuhannya.

1 COMMENT

  1. Waah…makasih atas reviewnya, Saya sedang memesan meizu m2.
    Kira- kira, adakah kelemahan dari device ini selain sim card slot yang tidak bisa di sandingkan bersamaan dengan sd card?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here