Preview Meizu m3, menyoal spesifikasi dan desain

1018

Kemarin Meizu resmi merilis Meizu m3, varian Meizu yang ditasbihkan sebagai suksesor dari Meizu m2, harganya relatif terjangkau.

Selain spesifikasi, harga jadi poin utama saat kita memutuskan untuk mengupgrade device. Jika harganya menarik, maka penilaian selanjutnya adalah bagaimana dengan spesifikasinya. Lalu pertanyaan selanjutnya, seberapa tanggu si Meizu m3 ini, apakah worthed buat menggantikan device yang kita gunakan sekarang ?

Mari kita mulai dengan hardware

Meizu m3 menggunakan chipset dari Mediatek, MTK6750, dengan clock maksimal di 1.5 GHz. Dengan GPU Mali T860 MP2.

Untuk RAM dan storage, Meizu menyiapkan dua opsi. Opsi pertama adalah RAM 2 GB dengan storage 16 GB dijual dengan harga Rp. 1.2 Jutaan. Dan opsi yang kedua adalah m3 dengan RAM 3 GB dan storage 32 GB.

Storage yang digunakan oleh Meizu m3 adalah varian kekinian, dengan eMMC 5.0. Sebuah jaminan proses membaca isi storage akan jadi lebih cepat dari pada biasanya.

meizu-m3

Meizu m3 mendukung penggunaan dual sim (hybrid) sekaligus. Maksudnya hybrid ? karena salah satu slot simnya juga berfungsi sebagai slot kartu memori eksternal.

Khusus varian Meizu m3 dengan RAM 3 GB, penggunaan kartu memori eksternal maksimalnya di kapasitas 128 GB.

Baterai Meizu m3 ini lebih besar kapasitasnya jika dibandingkan dengan Meizu m2. Dengan kapasitas 2870 mAh.

Di bagian belakang, kameranya punya resolusi 13 Megapixel f/2.2 dual tone flash lengkap dengan fitur PDAF. Sementara di bagian depan ada kamera dengan resolusi 5 Megapixel f/2.0 lengkap dengan FotoNation 2.0, sebuah fitur yang bisa menambah tingkat kegantengan 120% saat mengambil foto selfie :D.

meizu-m3

Like fanpage ReadMe, buat dapetin kabar teranyar Meizu langsung di Facebook feed kamu.

Layar Meizu m3 punya diagonal 5 inci dengan resolusi 720p. Memang tidak dilapis dengan Gorilla Glass, tapi Meizu melindunginya dengan SCHOTT Xensation Cover Glass. Teknologi layarnya IPS LCD. Dengan permukaan 2.5D, ada curving, meski sedikit, tidak terlalu signifikan, tetap terlihat keren.

Tidak, tidak ada fingerprint scanner di Meizu m3. Fitur kekinian yang lagi ngetren di kalangan vendor pencipta smartphone ini absen dari Meizu m3.

meizu-m3

Bagaimana dengan jaringan dan konektifitasnya

Meizu m3 dilengkapi dengan WiFi 802.11 a/b /g/n, Bluetooth 4.0, GPS and GLONASS. m3 juga mendukung LTE FDD / TDD Cat. 6, perkiraan kecepatan download maksimal adalah 300Mbps.

Kita lanjutkan dengan desain

Meizu memilih tidak menggunakan material body yang terbuat dari metal seperti pada Meizu m3 Note. Untuk Meizu m3, bodynya terbuat dari material polikarbon, bahasa sederhananya, plastik. Meski plastik, tetap terlihat mentereng, selain pilihan warna, sentuhan akhirnya membuat body Meizu m3 mengkilat, dan beberapa sumber mengatakan nyaman di genggam  juga tidak licin.

meizu-m3

Memilih layar 2.5D tentu ada alasannya, berakibat pada desain m3 yang cenderung dinamis, tidak kaku. m3 dibuat jadi lebih ringan dengan berat hanya 132 gram dan tebalnya cuma 8.3 mm saja.

Kita akhiri dengan, kapan sih masuk ke Indonesia

Berkaca dari tahun lalu, kemungkinan besar kita akan menemukan Meizu m3 lewat Blibli.com. Bersama dengan Meizu m3 Note dan Meizu Pro 6 yang sudah launching beberapa pekan sebelumnya.

Nah part kapannya ini yang masih belum bisa ditentukan dengan pasti. Tentu saja ini berkaitan erat dengan segala macam persyaratan yang harus dipenuhi sebelum Meizu bersama varian-varian barunya bisa dijual secara resmi di tanah air.

Yang jelas, saat kabar kemunculannya sudah bisa dipastikan, pasti ReadMe kabari secepatnya. Rumornya memang di bulan Juni-Juli, tapi kembali lagi, semua belum akurat. Untuk sekarang, let’s wait n see.

Konten #Meizu m3 lainnya

  1. Hari ini Meizu launching Meizu M3
  2. Mari kita lihat Meizu m3 lebih dekat

Opini Kamu

Please enter your comment!
Please enter your name here