Pattern lock android bisa dibobol!

77

Selama ini banyak yang mengira pattern lock alias kunci pola pada Android itu aman. Penggambaran pola melalui sembilan titik yang terbagi dalam tiga tingkat sebagai pengganti kata sandi ini memang mudah bagi pengguna. Tapi tidak seaman yang dikira.

Sebanyak 40% pengguna Android memakainya, tapi sebenarnya bisa diretas hacker. Peneliti dari Lancaster University, University of Bath dari Inggris, dan Northwest University, Cina, bahwa peretas bisa membobol pattern lock dengan hanya dengan menganalisis gerakan tangan melalui kamera tersembunyi.

Kamera tersebut terhubung dengan perangkat lunak yang memiliki algoritma pengintaian khusus. Memang ini rumit, tapi bagi mereka yang diincar, kemungkinan ini selalu ada.

pattern-lock-screen-android_1
Untuk mengetahui pola, yang harus dilakukan adalah diam-diam merekam video dari pengguna saat membuka kunci layar ponselnya. Peretas bisa berpura-pura bermain ponsel di dekat korban padahal merekam pola.

Jika menggunakan kamera DSLR bahkan bisa direkam dari jarak 9 meter. Peneliti menguji gerakannya dari 120 pola unik pada 215 pengguna. Hasilnya cuma lima kali dicoba maka bisa dibobol.

Bagaimana melindungi diri dari hal seperti ini? Tangan bisa menutupi ketika sedang menggambar pola. Kecerahan layar juga bisa diubah agar tidak mudah difoto.

Baca juga: Mau mencoba Cortana di lock screen Android?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here