Moona Hoshinova Virtual YouTuber Pertama Indonesia Raih 1 Juta Subcribers

52

Berita terbaru, ada kabar gembira sekaligus membanggakan untuk para penggemar Virtual YouTuber! di Indonesia, pada hari Selasa, 22 February 2022. Moona Hoshinova dari hololive Indonesia akhirnya resmi menjadi Virtual YouTuber di Indonesia pertama yang menembus angka 1 juta subscribers. Moona juga merupakan VTuber dengan subscriber terbanyak di dunia nomor 30 saat ini, dan merupakan yang nomor 1 di Indonesia dan juga Asia Tenggara. Moona adalah anggota hololive Indonesia (VTuber group di bawah naungan hololive production, yang memiliki lebih dari 60 juta fans di seluruh dunia), generasi pertama dengan  debut perdananya yang dirilis pada  11 April 2020. Ia tak hanya memiliki banyak fans dari Indonesia saja, tapi juga dari mancanegara seperti Jepang dan negara-negara berbahasa Inggris di Asia, Amerika dan Eropa.

Untuk merayakan 1 juta subscribers yang berhasil dijangkaunya hampir 2 tahun sejak debut Moona dirilis, Moona ingin membuat rangkaian acara spesial dimana ia rencananya akan menghibur penonton selama 24 jam non-stop di YouTube pada bulan Maret mendatang. Dalam acara 24 jam tersebut nantinya Moona ingin melakukan ragam hal menarik yang pastinya akan sangat berkesan untuk semua penggemarnya dari banyak belahan dunia.

Moona juga dikenal sebagai VTuber yang berbakat dalam bernyanyi terutama genre pop rock dan ballad. Setiap bulannya Moona mengadakan streaming khusus karaoke di channelnya yang diberi nama #MoonUtau, atau dalam bahasa Jepang artinya “Sang Bulan Bernyanyi”, dan pada Februari 2021, ia pertama kali merilis lagu originalnya dalam bahasa Jepang, “Ai no Chiisana Uta” yang kini telah ditonton lebih dari 3 juta kali di YouTube dan 800 ribu kali di Spotify.

Pada ulang tahunnya 15 Februari 2022 yang lalu, ia mengeluarkan lagu original ke-2 dengan judul  “High Tide”, yang banyak diperbincangkan karena genrenya yang tak banyak dijumpai di industri VTuber dan juga animasi video klip atau music video-nya yang luar biasa seru dan menarik untuk disimak. Berbeda dengan lagu pertamanya yang bertema ballad dan cinta, single ‘High Tide’ yang artinya ‘Pasang Tinggi atau gelombang air pasang’ dalam bahasa Indonesia ini bertempo jauh lebih cepat dan mengusung kisah yang lebih fantasi dan nuansa yang lebih keren. Untuk pencipta lagu dan lirik lagu kali ini dikerjakan oleh ZSunder seorang komposer musik yang berbasis di Timur Tengah, yang sudah banyak menciptakan lagu bergaya K-pop.

Cerita di balik konsep lagu ‘High Tide’ yang dibuat sendiri oleh Moona ini adalah tentang seorang dewi yang sangat dipuja oleh banyak orang, kecuali seorang manusia yang belum terhasut. Lalu dewi ini pun berupaya menunjukkan kehebatannya kepada manusia tersebut hingga akhirnya ia pun mempercayai kehebatan dewi tersebut pada akhirnya. Dewi dan manusia di dalam lagu ini ibaratnya seperti Moona dan para penggemarnya. Untuk memvisualisasikan konsep lagu tersebut, kali ini Moona memilih style Animasi yang dikerjakan oleh kreator-kreator asal

Indonesia dan Malaysia: Furaisen (Ilustrasi dan Animasi), Shino_Kitsune (Animasi), Rumskii  (Video), dan lemonade; (3DCG).

Premiere lagu “High Tide” ditonton oleh lebih dari 5 ribu orang pada saat yang sama dan viewnya terus bertambah pesat menembus 100,000 dalam waktu 5 jam, berbarengan dengan sambutan dan pujian penonton dari mancanegara yang dapat dilihat di kolom komentar Moona. Lagunya sendiri dapat didengarkan di platform-platform musik seperti itunes, Spotify, Apple Music, dan lain sebagainya sejak tanggal 16 Februari 2022.

Perilisan “High Tide” hanyalah salah satu dari rangkaian acara ulang tahun Moona kali ini, yang memiliki tagar #MoonDay2021. Tahun ini, Moona memulai hari ulang tahunnya dengan countdown stream bersama, yang dilanjutkan dengan streaming Totsumachi (totsumachi adalah aktivitas menunggu telepon dari teman-teman yang sering dilakukan di stream VTuber saat mereka merayakan sesuatu, sebagai analogi mengunjungi pesta/hajatan seseorang) yang didatangi 15 orang teman Moona dari berbagai negara di dunia VTuber. Pada stream yang sama, Moona juga mengumumkan penjualan merchandise barunya yang berupa sarung bantal dan mug bunglon. Setelah itu ia merilis High Tide, yang dilanjutkan dengan sesi karaoke lagu-lagu Jepang yang ditonton lebih dari 10 ribu orang pada saat yang sama. Sebelum tanggal 15 February berakhir, Moona bersama dengan 2 orang teman segenerasinya: Ayunda Risu dan Airani Iofifteen, melakukan streaming special di acara bulanan mereka Area15 dengan tema khusus ulang tahun Moona.

Selain merilis lagu original, Moona juga gemar mengcover lagu Jepang dan Inggris, yang beberapa diantaranya mencapai jutaan views. Salah satu peserta YouTube Music Weekend di tahun 2021 ini juga tak hanya bernyanyi sendiri tapi juga pernah bernyanyi bersama talent hololive dari cabang Jepang dan English, seperti Suisei Hoshimachi dan Mori Calliope. Tahun ini Moona berharap dapat merilis lebih banyak lagu original yang dapat menjangkau lebih banyak orang, dan berharap dapat selangkah lebih dekat lagi menuju salah satu impian terbesarnya yakni melaksanakan konser tunggal. Saksikan juga performance 3D pertama Moona di hololive 3rd fes. yang juga akan ditayangkan via digital streaming pada tanggal 19-20 Maret, 2022!

Selain bernyanyi, Moona juga dikenal streaming gamenya yang menarik, apalagi jika berhubungan dengan kreativitas. Moona memiliki sejarah panjang di dunia Minecraft, berawal dari amatir, sekarang Moona sudah membangun banyak teknologi dan bangunan indah di server hololive. Ia, bersama dengan talent-talent hololive Indonesia yang lain kini sedang dalam proses bergotong-royong memegahkan server hololive Indonesia. Arsitektur dan kemampuan desain mereka banyak dipuji oleh penggemar game Minecraft.

 

 

Berikut adalah informasi lengkap mengenai lagu ‘High Tide’,

Moona Hoshinova’s 2nd Original Song

Judul lagu                    : High Tide

Nama penyanyi           : Moona Hoshinova

Pencipta lagu              : ZSunder

Penulis lirik                 : ZSunder

Ilustrasi                       : Furaisen

Animation                   : Furaisen, Shino_Kitsune

Movie                          : Rumskii

3DCG                           : lemonade;

Link MV                       : https://www.youtube.com/watch?v=stmZAThUl64&t=28s

Tanggal rilis MV          : 15 Februari 2022

Tanggal rilis lagu di digital platform : 16 Februari 2022
Lagu tersedia di           : https://cover.lnk.to/HighTide
Itunes Store, Mora, Amazon Music, Recochoku, Apple Music, Spotify, YouTube Music, LINE Music.

 

Profile Moona Hoshinova:

Moona Hoshinova digambarkan sebagai figur seorang gadis kuliahan merangkap model dan idol, yang terjun ke dunia Vtuber. Ekspresinya datar tapi sebenarnya penakut.

Diskografi Moona Hoshinova

16 Februari 2021 – Ai no Chiisana Uta – Moona Hoshinova

 

6 April 2021 – id:entity voices – as a part of hololive Indonesia

7 April 2021 – id:entity voices (Japanese Ver.) – as a part of hololive Indonesia

15 Februari 2022 – High Tide – Moona Hoshinova

Profile ZSunder

Seorang pencipta lagu asal Filipina yang sekarang berbasis di Timur Tengah, yang banyak berkarya musik dan aransemen bergaya K-pop.

YouTube          : https://www.youtube.com/c/ZSunder

 

Profile Furaisen

Seorang ilustrator dan animator asal Malaysia yang telah banyak berkarya di industri Virtual YouTuber.

Twitter            : https://twitter.com/Furai_sen

 

Profile Rumskii

Seorang Video editor asal Indonesia yang telah banyak berkarya di industri Virtual YouTuber.

Twitter            : https://twitter.com/Rumskiich

 

Profile lemonadesu

Seorang Motion Graphic Designer asal Indonesia yang juga menjadi bagian dari kelompok creator Vibetronic.
Twitter            : https://twitter.com/lemonadeworks69
Profile Shino_Kitsune

Seorang VTuber dan juga animator asal Malaysia yang juga pernah menjadi bagian dari animator serial animasi Jepang.

Twitter            : https://twitter.com/Shino_Kitsune

Mengenai Virtual YouTuber, apa itu Virtual YouTuber?

Virtual YouTuber adalah sebutan untuk YouTuber yang menggunakan avatar virtual baik dalam bentuk 2D atau 3D. Tren Virtual YouTuber (VTuber) berasal dari Jepang dan sejak tahun 2019 secara signifikan meningkat pesat di negara-negara Barat dan Asia, termasuk Indonesia.

 

Mengenai hololive Production

Apa itu hololive Production?

hololive Production adalah manajemen VTuber dengan total lebih dari 60 juta fans dari seluruh dunia yang menaungi grup VTuber hololive, holostars, hololive Indonesia, dan hololive English. Para talent hololive Production beraktivitas utama di YouTube menghasilkan konten streaming dengan ragam kategori seperti gaming, musik, talk show, edukasi, etc.

 

Mengenai hololive Indonesia

Apa itu hololive Indonesia?

hololive Indonesia adalah grup VTuber di bawah naungan hololive Production dengan talent-talent Indonesia. Per Februari 2022 hololive Indonesia memiliki 2 generasi dan total 6 talent Virtual YouTuber dengan lebih dari total 4 juta fans di seluruh dunia.

(SPR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here