Malware Excel beredar di WhatsApp!

39

Suka menggunakan mobile banking dan WhatsApp? Tentu kerahasiaan data dan password itu penting. Hati-hati, peretas menemukan cara baru masuk ke data pribadi dan keuangan kamu lewat WhatsApp.

Loh bagaimana caranya? Peretas menipu pengguna WhatsApp dengan mengirimkan sebuah malware yang disamarkan sebagai dokumen Microsoft Excel, lalu malware tersebut akan aktif saat dokumen itu dibuka. Orang yang tidak waspada dan mengiranya dokumen akanterjebak.

Malware tersebut sejauh ini beredar di India, tapi bisa jadi ke Indonesia juga. Intinya jangan langsung membuka dokumen yang mendadak dikirimkan oleh orang tidak dikenal melalui WhatsApp.

Di India, malware tersebut menyamar sebagai sebuah dokumen yang mencatut nama institusi pemerintahan, yakni National Defense Academy (NDA) dan National Investigation Agency (NIA). Dokumen ini beredar dalam pesan di WhatsApp.

Perhatikan, nama filenya adalah “NDA-ranked-8th-toughest-College-in-the-world-to-get-into.xls” serta “NIA-selection-order-.xls”. Namun selain dalam bentuk ini, malware juga bisa saja menyamar sebagai dokumen Microsoft Word atau PDF. Jadi waspada harus terus dijaga.

whatsapp-send-files

Baca juga: Kini bisa streaming video di WhatsApp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here