Korean Tourism Organisation (KTO) Kenalkan Konsep Seru Wisata Ke Korea Selatan

38
Kika : - Mr Kang Hyun Cheol (Director of Asiana Airlines), Mr Lee Tae Seok (Director of Korean Air), Mr Yang Su BaeS (Director of KTO Jakarta), Julia (Anak Jajan) - Influencer, Alexander Thian (Amrazing) - Influencer, Dea Annisa - Aktris, Mr Kim Yong Woon (Director of KCC Indonesia) dan Mr Park Jaeseung (First Secretary & Consul Embassy of the Republic of Korea )

Korean Tourism Organisation (KTO) memperkenalkan konsep seru dalam berwisata ke Korea Selatan. Umumnya, wisatawan akan mengunjungi kota-kota besar atau resor. Sementara itu, tren yang berkembang belakangan ini adalah mengunjungi tempat-tempat yang memiliki karaketristik lokal. Konsep tersebut disebut dengan “Glocal”, gabungan dari dua kata global dan lokal, dimana keunikan budaya suatu tempat dapat tersebar ke berbagai komunitas internasional. Konsep ini menjadi mungkin dengan berkembangnya jaringan transportasi yang akan membawa wisatawan ke berbagai daerah dengan mudah dan cepat. Ditambah lagi, ketersediaan informasi pariwisata menjadi mudah diakses melalui media dan media sosial.

Korea Selatan adalah negara yang sangat cocok untuk wisata Glocal karena Korea Selatan
memiliki sistem transportasi yang sangat baik, yang mencakup layanan kereta api cepat, yang dapat membawa wisatawan kemana saja dalam waktu yang cepat. Setiap daerah secara unik berbeda berdasarkan geologi dan cuacanya. Wisatawan akan lebih menikmati pesona budaya tradisional yang terpelihara dengan baik di setiap daerah.

Berikut adalah beberapa wilayah yang menjadi tujuan wisata Glocal dengan keunikannya
masing- masing:
– Incheon
– Gangwon-do
– Daejeon
– Chungcheongnam-do
– Chungcheongbuk-do
– Daegu
– Jeollabuk-do
– Jeollanam-do
– Gyeongsangnam-do

Setiap wilayah memiliki budaya, iklim, gaya hidup, dan bahkan rasa makanan khas yang berbeda. Pengalam di satu daerah dengan daerah yang lainnya dapat sangat berbeda. Dari lokasi Olimpiade musim dingin di Gangwon-do, menikmati senja di Busan, ataupun berwisata kuliner di Jeollabuk-do.

“Seoul memang mempesona tetapi Korea Selatan juga memiliki pesona-pesona unik lainnya. Misalnya, Andong atau Gyeongju. Wisatawan dapat mengunjungi daerah-daerah tersebut untuk menikmati alam, melihat tempat bersejarah, dan melihat kehidupan masyarakat lokal lebih dekat.” ujar Irma Maulida, PR & Media Manager KTO Jakarta.

Saat ini, Korea Selatan telah menjelma menjadi salah satu destinasi liburan favorit wisatawan dunia, termasuk wisatawan Indonesia. Berbagai destinasi dan atraksi wisata menarik dapat dikunjungi oleh wisatawan mulai dari lokasi syuting K-Drama dan K-Pop, kuliner modern dan tradisional Korea, sejarah, hingga wellness. Tidak hanya Seoul dan Pulau Jeju, daerah-daerah lain seperti Jeonju, Daegu, Incheon juga memiliki pesona yang sangat sayang untuk dilewatkan. Setelah lebih dari dua tahun menutup pintu dari wisatawan dunia karena pandemi Covid-19, akhirnya pada awal tahun ini Korea Selatan secara bertahap kembali menyambut kedatangan wisatawan. Wisatawan Indonesia pun sudah bisa mengajukan permohonan visa jangka pendek (C-3) mulai tanggal 1 Juni 2022. Korea Selatan juga mulai menerapkan bebas karantina untuk mempermudah masuknya wisatawan.

Kika : – Mr Kang Hyun Cheol (Director of Asiana Airlines), Mr Lee Tae Seok (Director of Korean Air), Mr Yang Su BaeS (Director of KTO Jakarta), Julia (Anak Jajan) – Influencer, Alexander Thian (Amrazing) – Influencer, Dea Annisa – Aktris, Mr Kim Yong Woon (Director of KCC Indonesia) dan Mr Park Jaeseung (First Secretary & Consul Embassy of the Republic of Korea)

 

Alex (Amrazing) – Julia (Anak Jajan) – Dea Annisa ( foto : istimewa )

 

Afgansyah Reza ( foto : istimewa )

 

Sebagai badan promosi pariwisata Korea Selatan, Korea Tourism Organization (KTO), melakukan kampanye “Travel to Korea Begins Again!” untuk menyambut wisatawan. Melalui kampanye ini, KTO menyediakan berbagai informasi destinasi yang direkomendasikan, diskon dan beragam hadiah menarik dari berbagai rangkaian acara online dan offline yang digelar. Salah satu rangkaian acara dari kampanye “Travel to Korea Begins Again!” adalah kesempatan bagi para pecinta K-Pop untuk mendapatkan tiket konser. Selain itu, KTO juga memberikan diskon paket data, transportasi, belanja, hingga wisata atraksi untuk acara yang digelar hingga 24 Juli mendatang. Tak lupa, welcoming kit, kupon serta giveaway bisa didapatkan juga saat tiba di Bandara Internasional Incheon.

KTO Jakarta pun tentunya turut ambil bagian dalam kampanye tersebut dengan memanfaatkan gelaran #AkudanKorea Media & Influencer Gathering 2022 yang diadakan pada 7 Juli 2022 di Hotel Grand Hyatt Jakarta. Menyesuaikan dengan kampaye “Travel to Korea Begins Again!”, tema yang diangkat tahun ini adalah #SaatnyakeKoreaLagi. Tahun ini, KTO Jakarta menggandeng tokoh publik yang ikonik dari berbagai latar berlakang sebagai pembicara di acara ini. Mereka adalah penyanyi Afgansyah Reza, influencer Alexander Thian (Amrazing), Julia & Marius (Anak Jajan) dan aktris Dea Annisa. Melalui kolaborasi dengan keempat figur tersebut, KTO Jakarta berharap dapat menumbuhkan geliat wisata Korea dan wisatawan Indonesia kembali ramai mengunjungi Korea.

PR & Media Manager KTO Jakarta, Irma Maulida, mengatakan “Keempat figur di atas adalah figur-figur yang sangat terkenal di tengah masyarakat Indonesia dan mereka memiliki audience-nya sendiri. Kami yakin mereka memiliki pandangan dan cara unik tersendiri dalam menikmati Korea. Oleh karena itu, KTO Jakarta, berharap mereka dapat membantu kami dalam menyampaikan daya tarik dan pesona Korea Selatan kepada masyarakat luas sehingga semakin banyak masyarakat Indonesia yang ingin berwisata ke Korea.”

Dalam acara ini, Afgansyah Reza, Alexander Thian (Amrazing), Julia & Marius (Anak Jajan) dan Dea Annisa akan berbagi tips masing-masing tentang niches places, wisata kuliner, tempat berbelanja serta pengalaman mereka berkunjung ke kota-kota di Korea Selatan.

Tiga Kota Wisata Terpopuler: Seoul, Busan, Pulau Jeju

Korea memiliki berbagai destinasi tempat ikonik, wisata sejarah, wisata alam dan wisata edukasi yang ramah bagi wisatawan yang berlibur bersama keluarga, pasangan ataupun teman. Salah satu wisata ikonik di Seoul yakni Namsan Tower. Landmark kota Seoul ini dikenal memiliki tempat romantis dimana wisatawan bisa memasang gembok cinta dan dapat menikmati lanskap kota Seoul dari ketinggian 138 meter. Di Seoul, wisatawan juga bisa menikmati pengalaman istimewa dengan mengunjungi bangunan tertinggi di Korea, Lotte World Tower & Mall. Tempat ini memiliki sky bridge yang mana merupakan jembatan luar ruangan dengan ketinggian 541 meter. Wisatawan bisa melihat pemandangan Seoul yang memukau dari atas menara dengan panjang jembatan 11 meter. Selain itu, wisatawan juga bisa berbelanja, melihat pameran seni dan menikmati berbagai permainan di taman hiburan.

Berbeda dengan Seoul, Busan memiliki berbagai destinasi alam bagi para wisatawan. Beberapa destinasi tersebut seperti Pantai Haeundae, Gamcheon Culture Village, Taman Taejongdae, Gunung Hwangnyeong dan Daejeo Ecological Park. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan malam kota Busan dengan mengunjungi The Bay 101. Di tempat ini, terdapat banyak kafe dan restoran serta berbagai pilihan wahana air. Wisatawan yang ingin menantang adrenalin, bisa mengunjungi Oryukdo Skywalk, 137 Oryuk-doro, Nam-gu, Busan. Mengangkat tema “Berjalan di Atas Langit,” wisatawan akan menapaki jembatan kaca yang berada tepat di atas laut serta bisa melihat ombak bergulung dari ketinggian 35 meter. Tak lupa wisatawan bisa menikmati indahnya warna langit Busan saat matahari terbenam dari ketinggian 69-meter dengan mengunjungi Busan Tower.

Kota yang tak kalah menarik dari Seoul dan Busan yakni Pulau Jeju. Wisatawan bisa mengunjungi wisata alam pantai dan gunung di pulau ini. Sebut saja Gunung Halla, Gua Manjanggul, Air Terjun Cheonjiyeon, Seongsan Ilchulbong, Sangumburi, Yongmeori Coast dan Seopjikoji. Jangan lupa juga kunjungi Pulau Udo yang berada di Jeju Utara untuk menghabiskan waktu memancing, hiking, bersepeda serta menikmati pemandangan dari puncak Udobong, puncak tertinggi dari pulau ini dengan ketinggian 132,5 meter.

Direktur KTO Jakarta, Yang Su Bae, mengatakan “Dalam acara gathering ini kami ingin secara resmi menyampaikan kepada masyarakat Indonesia welcome back to Korea. Selain itu, dengan adanya kampanye #SaatnyakeKoreaLagi ini kami berharap wisatawan Indonesia memilih Korea sebagai tujuan liburan utama dalam waktu dekat, mungkin di tahun ini atau di tahun depan.”

Informasi lengkap mengenai wisata Korea Selatan dapat diakses melalui website KTO Jakarta www.visitkorea.or.id atau Instagram @ktoid.

Tentang KTO Jakarta
Organisasi Pariwisata Korea atau KTO (Korea Tourism Organization) Jakarta merupakan organisasi yang bertujuan untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Korea kepada masyarakat Korea dan Indonesia dengan menggelar program pertukaran dan acara kerja sama kebudayaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here