Kolaborasi dengan Beragam Komunitas, IdeaFest 2022 Digelar 24-27 November di JCC

17

IdeaFest 2022, sebuah festival kreatif akbar yang telah diselenggarakan selama 11 tahun akan kembali pada November 2022. Mengangkat tema “Reality Re:defined”, IdeaFest 2022 mengusung semangat pertumbuhan industri kreatif Indonesia melalui partisipasi dan kolaborasi dari seluruh lapisan industri kreatif tanah air. Dengan memfasilitasi terciptanya sinergi positif antara berbagai pelaku industri kreatif yang beragam dalam menghadapi tantangan pasca pandemi, IdeaFest bertujuan untuk menjadi wadah bagi para komunitas, merek, serta industry players lainnya untuk terus mengembangkan karya dan inovasi terbaik.

IdeaFest 2022 telah resmi mengumumkan tanggal dilaksanakannya acara, yakni pada tanggal 24-27 November 2022 dan mengambil tempat di Jakarta Convention Center (JCC). Pada perhelatan festival kreatif terbesar di tahun ke-11 ini, IdeaFest 2022 mewadahi berbagai kolaborasi kreatif, inovatif, dan terkemuka dari berbagai sektor industri kreatif. Melalui partisipasi pada IdeaFest 2022 yang untuk kali pertamanya akan dilaksanakan secara offline setelah dua tahun masa pandemi, pelaku industri kreatif diajak untuk bisa re:connected, re:introduced, re:established, re:live, dan re:create dalam upaya bersiap kembali ke realita kehidupan setelah melewati masa pandemi.

“Masa pandemi yang telah kita sama-sama lalui 2 tahun ini membuat pengalaman menghadiri on-ground event menjadi sesuatu yang kian ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Menjadi tahun yang spesial, pada gelaran IdeaFest 2022 kami akan menyulap hampir seluruh hall JCC menjadi sebuah collaborative hub yang mampu mengakomodir diskusi dan interaksi antar pelaku kreatif.” ujar Ben Soebiakto, Co-Chairman IdeaFest 2022.

Ben Soebiakto, Co-Chairman IdeaFest 2022 ( foto : istimewa )

Dalam satu dekade terakhir IdeaFest telah merangkul lebih dari 1500 ideation dengan mengajak kolaborasi pemateri dari berbagai macam bidang industri kreatif. “Kami sangat antusias untuk terus melihat proses yang dibangun para insan kreatif dalam membentuk industri yang powerful ini.” tambahnya.

Menurut Ben, IdeaFest selalu berkomitmen untuk mewadahi para pelaku kreatif dalam mengembangkan potensinya tanpa adanya batasan. Oleh karena itu, partisipasi puluhan komunitas dan subsektor industri kreatif akan semakin masif dilibatkan pada IdeaFest 2022. Hal ini harapannya dapat mengundang pengunjung untuk berkumpul, berdialog, dan menumbuhkan semangat kolaborasi yang positif.

Tidak hanya itu, IdeaFest yang berawal dari gerakan komunitas, pada tahun 2022 ini memberikan kembali ruang kepada berbagai komunitas kreatif yang ada di Indonesia untuk dapat ‘unjuk gigi’ dalam perhelatan tahun ini. Tujuan akhirnya, sebuah ekosistem kreatif yang mampu memberdayakan pelaku industri kreatif melalui berbagai ide-ide dan gagasan eksploratif yang segar dapat terbangun dan senantiasa berkembang.

Kika : dwin Nazir, Adjie Santosoputro, Ben Soebiakto, Lalitia Apsari, Patrick Effendy, Aji Pratomo ( foto : istimewa )

Guna mewujudkan hal tersebut, keseluruhan rangkaian acara maupun agenda kegiatan IdeaFest 2022 telah dikurasi oleh jajaran tim Braintrust yang merupakan ahli dari berbagai bidang, seperti Edwin Nazir, Ketua APROFI, Direktur Festival Seni & Desain Kontemporer Indonesia, Lalitia, Head of Program and Communication at Transition Team of Indonesian Museum and Cultural Heritage Public Service Agency, dan Adjie Santosoputro, Wellness Practitioner. Selain tiga nama besar tersebut, IdeaFest 2022 juga memiliki jajaran tim Braintrust lainnya yang secara khusus mengkurasi berbagai isu dan fenomena spesifik, seperti Art, Women Interest, Fashion & Streetwear, Media & Advertising, Content, Urban & Culture, Wellness, Entrepreneurship, Music, Activism & ESG, Lifestyle, dan Design.

Edwin Nazir, Ketua APROFI, Direktur Festival Seni & Desain Kontemporer Indonesia, mengapresiasi kegiatan IdeaFest yang secara konsisten telah berjalan selama lebih dari 10 tahun. “IdeaFest telah menjadi tempat berkumpulnya pelaku kreatif seperti kami untuk saling mendukung dan menginspirasi satu sama lain. Saya senang sekali bisa berpartisipasi dalam kegiatan IdeaFest tahun ini. Serta, sejalan dengan tema tahun ini yaitu “Reality Re:defined”, kami para pelaku kreatif Indonesia dapat kembali bertatap muka dan membahas potensi kolaborasi yang dapat dilakukan kedepannya.” paparnya.

Seperti diketahui, festival ini melibatkan berbagai partner komunitas kenamaan dalam upaya menciptakan serangkaian kolaborasi yang berdampak positif. Tahun ini, IdeaFest 2022 menggandeng sejumlah partner antara lain Makna, Manual Jakarta, Majelis Lucu Indonesia, Pemimpin.id, Double Deer Group, Utopia, 11th Space dan berbagai partner lainnya. Bersama para partner, IdeaFest 2022 akan menghadirkan beragam program seperti IdeaTalks, Conference, IdeaFest Music, Hall of Makers, Manual Food  Market, Lucu Fest, Lead The Idea, Litter by Litter, Utopia Blok:verse, Reality Re:united, dan Nex Space.

Hadirkan Kembali Kolaborasi Kreatif dengan Beragam Komunitas, IdeaFest 2022 Akan Diselenggarakan 24-27 November di Jakarta Convention Center. ( foto : istimewa )

Selain berbagai program menarik di atas, deretan sosok inspiratif tanah air akan hadir di IdeaTalks dan Conference, seperti Ario Pratomo, Fellexandro Ruby, Cinta Laura Kiehl, Dipha Barus, Andhyta F Utami, Henry Manampiring, Dharmaji Suradika, Dhira Narayana, Manoj Punjabi, Iyas Lawrence, Wena Wahyudi, Natasha Dian, Jessica Hali, Piotr Jakubowski, Alvin Tjitrowirjo, Rengkuh Banyu Mahandaru dan ratusan pembicara lainnya yang akan segera diumumkan.

Setiap tahunnya, IdeaFest selalu melibatkan pembicara dari para pelaku industri kreatif yang berasal dari latar belakang bidang yang beragam. Melalui kembali hadirnya IdeaFest pada tahun 2022, festival ini diharapkan mampu menjadi penyemangat bangkitnya industri kreatif tanah air pasca pandemi dan menyoroti aneka kolaborasi komunitas dengan karya maupun kegiatan yang kreatif, inovatif dan juga impactful.

Untuk pembelian tiket dan informasi lebih lanjut perihal keseluruhan rangkaian acara IdeaFest 2022 silakan kunjungi website www.ideafest.id, serta akun media sosial resmi @ideafestid.

Tentang IdeaFest

IdeaFest adalah festival kreatif tahunan terbesar di Indonesia. Pertama kali diadakan pada tahun 2011, IdeaFest berkomitmen menjadi wadah dimana pelaku industri kreatif dapat berbagi, berdiskusi, dan berkolaborasi untuk mendukung bertumbuhnya ekonomi kreatif Indonesia. Setiap tahun, IdeaFest secara konsisten melibatkan figur-figur dan komunitas inspiratif baik dari Indonesia maupun internasional. Tujuan IdeaFest adalah menjadi katalis bagi percepatan perkembangan dan pertumbuhan ekosistem industri kreatif, yang diharapkan dapat membawa Indonesia sebagai salah satu negara terdepan dalam peta ekonomi kreatif dunia. IdeaFest adalah persembahan dari Samara Live, bagian dari Samara Media & Entertainment.

Tentang Kolaborasi Program IdeaFest

 Manual Food Market by Manual

Berangkat dari gagasan bahwa kuliner dapat menjadi penghubung antar tiap individu, MANUAL Food Market akan menghadirkan puluhan penjaja F&B terpilih yang turut mewarnai kuliner Ibukota dan Indonesia.

Hall of Makers by Makna

‘9 YEARS OF 9ROWTH SHOWCASE’  by MaknaGroup®️

Pameran imersif 9 tahun perjalanan MaknaGroup®️, mempersembahkan serangkaian acara mulai dari showcase karya, talkshow, aktifitas bersama komunitas, dan proyek kolaborasi sebagai wujud apresiasi perjalanan 9 tahun Makna di industri kreatif.

Litter by Litter by Double Deer Group

Bumi kita sudah memberikan dan menyediakan segala kebutuhan kita sebagai penghuninya. Sekarang, saat nya kita berterima kasih dengan cara merawat dan melindungi bumi kita mulai dari menerapkan prinsip reduce, reuse, dan recycle.

Litter by Litter memberikan kesempatan untuk kita belajar dan mendekatkan diri dengan sustainable lifestyle. Adapun workshop, talkshow, marketplace, dan juga art installation yang akan melibatkan banyak komunitas sustainability. Litter by Litter, bertujuan untuk menjadi pintu utama banyak orang belajar mencintai bumi kita mulai dari hal paling sederhana.

Utopia Blok:verse by Utopia

Utopia Blok:verse adalah sebuah inisiatif dari Utopia, di mana Utopia menyediakan wadah bagi para penggiat web3 untuk bertemu dan berkoneksi, serta menyediakan tempat belajar dan bereksplorasi bagi orang-orang yang tertarik dengan dunia web3.

Lead The Idea by Pemimpin.id

Lead The Idea merupakan forum bagi para pemimpin komunitas untuk dapat memperkenalkan (re:introduce), serta menghubungkan kembali (re:connect) visi mereka untuk Indonesia yang lebih baik. Lead The Idea memiliki tiga area fokus yang dapat dieksplorasi: Youth Empowerment, Mental Health dan Well-Being, serta Value Creation.

Di dalam Lead The Idea, terdapat rangkaian seleksi dan event untuk komunitas yang terpilih akan berkesempatan tampil di IdeaFest pada akhir November nanti, selain itu komunitas juga berkesempatan untuk mendapatkan mentorship dari community experts dan dapat mengikuti webinar pengembangan komunitas di Teras Belajar oleh Pemimpin.id.

Nex Space by 11th Space

Pada tahun ini, Ideafest berkolaborasi dengan 11th Space dalam program NEX Space untuk mengakselerasi startup dan bisnis-bisnis di Indonesia. Mengangkat tema Art of Scaling, NEX Space akan membantu lebih dari 30 startup founders dan bisnis yang terpilih untuk menguatkan fondasi bisnis mereka dan berkesempatan untuk mendapatkan pendanaan.

Selama empat hari, para pebisnis dan startup founders akan mengikuti berbagai kelas workshop dan dimentor langsung oleh berbagai profesional dari berbagai industri yang berbeda. Di hari keempat, para startup founders tersebut akan melakukan pitching untuk mendapatkan kesempatan pendanaan dari para investor yang hadir.

Lucu Fest  by Majelis Lucu Indonesia

Healing terbaik adalah TERTAWA! Bersama @majelislucuindonesia, mari kita lepaskan semua beban jiwa raga. LucuFest akan hadir di IdeaFest 2022 dan memastikan kalian mendapatkan pengalaman tertawa yang tak terlupakan dari semua acara, wahana, program aktivitas, stand-up dan comedy show.

Lebih dari 50++ pengisi acara akan memastikan kalian healing! Jangan lewatkan juga special show dari sang legenda yang sudah lama tidak bersama, sang protector yang untuk pertama kalinya akan melakukan stand-up comedy show selama kurang lebih 1 jam, hingga kembalinya Sang Duo Dajjal yang akan melakukan pertunjukan bersama untuk pertama kalinya.

Tertawalah bersama kami dan segera amankan kesempatan tertawa ini! Untuk kesempatan tertawa yang berbeda, harga ini murah sekali!

Reality Re:united by TFRNews and Volix Media

Reality Re:united mempersatukan kembali para seniman, musisi, atau grup yang pernah berkarya bersama dan kemudian mengakhiri kolaborasinya karena satu dan lain hal. Dalam acara ini, mereka kembali bergabung dalam satu panggung untuk berbagi cerita, pengalaman, hingga inspirasi tentang proses kreatif, kolaborasi, dan perkembangan karir mereka. Para seniman ini mengajak penonton untuk hadir dalam reuni mereka, yang akan meliputi sesi talk show dan pertunjukan musik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here