Kini mention dan hashtag bisa disaring Twitter

22

Cyber bully di Twitter bukan barang baru. Untuk menghindari hal tersebut, sudah lama Twitter punya fitur Mute agar kicauan mereka yang keji tidak perlu terlihat di timeline.

Fungsi ini awalnya memang hanya menyaring akun-akun tertentu, namun direncanakan akan menyaring kata, frasa, tanda pagar (hashtag), hingga percakapan tertentu. Semisal kamu tidak suka tagar tertentu karena negatif kontennya, cukup setel Mute maka tagar tersebut akan “dibisukan” dari timeline kamu.

Fitur ini memang baru direncanakan dan belum rilis untuk umum, namun masalah Cyber Bully sepertinya ditanggapi serius dari media sosial berlambang burung ini. Ada Notification Settings dan Quality Filter.

Notifikasi yang masuk bisa dibatasi (bisa saja tukang bully sengaja me-mention dengan tujuan jahat). Lalu Quality Filter, menyaring notifikasi yang diterima berdasarkan parameter beragam, misalnya kredibilitas akun yang difollow dan karakter kicauan akun itu. Sebab bisa jadi tukang bully membuat akun bohongan untuk mem-bully.

Jadi jika ada kicauan dari “bot” maka tidak akan muncul di notifikasi. Hanya kicauan bukan bernada ejekan atau dari akun asli yang akan muncul.

using-twitter-boleh

Opini Kamu