Kelak MS Word dan Powerpoint bisa membantu mereka yang terbatas penglihatan

36

Teknologi seharusnya tidak menghambat mereka yang memiliki keterbatasan, namun membantu mereka. Nah bagaimana jika Power Point dan Word bisa membantu mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan (visually impaired)?

Menggunakan teknologi artificial intelligence (AI), raksasa software ini akan merilis fitur baru di Microsoft Word dan PowerPoint yang membantu orang yang memiliki keterbatasan penglihatan.

Diberi nama “alt-text”, fitur ini memanfaatkan AI (Artificial Intelligence) untuk membuat orang dengan keterbatasan penglihatan untuk memahami slide presentasi dan gambar pada dokumen Word. Akan muncul pilihan caption untuk menjelaskan presentasi tersebut dari slide ke slide. Begitu juga saat menyematkan gambar pada dokumen word.

Dibantu screen reader maka akan “disuarakan” penjelasan dari slide/foto tersebut. Bagaimana caption otomatis itu muncul? Ini berkat berkat analisis gambar yang dibaca algoritma AI buatan Microsoft. Jadi, ketika slide/foto presentasi dibuka oleh orang yang memiliki keterbatasan penglihatan, rekaman caption itu akan bersuara nyaring sebagai audio, menjelaskan gambar yang ada.

Nah kapan ini tersedia? Disebutkan fitur alt-text tersedia di Word dan PowerPoint untuk pengguna Office 365 mulai tahun depan.

office3652

Baca juga: Aplikasi ini membantu penderita buta warna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here