Kecanduan Video Game Resmi Diklasifikasikan Ganguan Kesehatan Mental Oleh WHO

98
photo by: Corey Motta

Untuk anda para gamer atau penggila video game harus lebih berhati-hati menjaga kesehatan anda agar jangan sampai kecanduan. Terlalu lama bermain video game ternyata bisa membahayakan kesehatan anda bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru saja mengklasifikasikan kecanduan video game sebagai gangguan kesehatan mental secara resmi.

Sementara kecanduan biasanya terjadi pada orang yang terlalu banyak konsumsi  alkohol, nikotin, dan zat-zat berbahaya lain, kini ada satu lagi yang terbaru masuk dalam daftar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu kecanduan video game.

WHO telah secara resmi menambahkan kecanduan video game ke Klasifikasi Penyakit Internasional atau International Classification of Diseases  (ICD) dalam pembaruan terbaru. Ini adalah judul yang lebih parah daripada yang diajukan sebelumnya, sebagai perilaku yang berpotensi berbahaya terkait teknologi.

Menurut klasifikasi WHO, kecenderungan permainan video untuk menjadi “pola perilaku game yang persisten atau berulang [yang] didahulukan dari kepentingan hidup lainnya,” telah mendorongnya ke dalam kategori kecanduan.

Sekarang ini kecanduan ini dikenal dengan nama ” Gaming Disorder ,” klasifikasi menempatkan kecanduan pada tingkat yang sama dengan zat adiktif yang disebutkan di atas.Gangguan ini dideskripsikan sebagai “terkait dengan kesusahan atau gangguan dengan fungsi pribadi yang berkembang sebagai akibat dari perilaku penghargaan yang berulang selain dari penggunaan zat penghasil ketergantungan.

Pakar WHO tentang kesehatan mental dan penyalahgunaan zat, Shekhar Saxena, mengatakan kepada NBC News seperti dilansir Altpress.com bahwa kecanduan ini dapat menjadi preseden makan berlebihan dan tidur, menyebabkan beberapa orang memakai lebih dari 20 jam di komputer atau konsol mereka.

Meskipun demikian, Saxena melanjutkan dengan mengatakan bahwa jika kebiasaan diidentifikasi cukup cepat, kecanduan secara penuh dapat dihindari. “Ini adalah perilaku sesekali atau sementara,” katanya.Terlepas dari klasifikasi yang sekarang resmi, beberapa pihak tidak setuju dengan bermain  game  sebagai kecanduan.

Sebuah koalisi sekarang menyerukan kepada WHO untuk mengevaluasi kembali keputusan mereka, mengatakan video game “dinikmati dengan aman dan masuk akal oleh lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia”

Mereka juga mengatakan game memiliki “nilai edukatif, terapeutik, dan rekreasi,” dan sentimen ini telah terbukti di banyak bidang. Well yang penting tetap harus ingat waktu dan jaga kesehatan saat bermain game akan tidak menjadi kecanduan yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here