Jelajahi Tempat-Tempat Wisata Hits Dengan Kereta Api

165

Berlibur dengan kereta api kini semakin nyaman dan menyenangkan. PT. KAI meningkatkan pelayanan kereta api menjadi lebih baik. Fasilitas-fasilitas kereta api diperbarui dan ditingkatkan. Selain itu kebersihan kereta api yang dulu sering dikeluhkan, kini semakin baik. Dengan diberlakukannya larangan berjualan bagi pedagang asongan dan larangan merokok di dalam gerbong kereta api menjadikan moda transportasi ini semakin banyak diminati oleh wisatawan.

Mendapatkan tiket kereta api pun tidak sesulit dahulu. Jika dulu kita harus mengantri panjang di loket-loket stasiun untuk mendapatkan tiket, kini tidak perlu lagi. Tiket kereta api dapat diperoleh selain di stasiun, juga di supermarket serta melalui situs online. Situs travel online seperti Traveloka juga menyediakan pemesanan tiket kereta api untuk berbagai tujuan. Cara ini sangat mudah dan cepat. Kamu cukup mengecek laman traveloka.com untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang pemesanan tiket kereta api.

Jika kamu mau mencoba berlibur dengan menggunakan kereta api, kamu bisa mengunjungi  tempat-tempat wisata berikut. Tempat-tempat wisata ini dapat dijangkau dengan kereta api dan letaknya dekat dengan stasiun.

Jakarta

Jika berlibur ke Jakarta dengan mengendarai kereta api jangan lewatkan untuk menikmati wisata sejarah Kota Tua. Kamu cukup berjalan kaki dari stasiun Jakarta Kota, karena lokasi Kota Tua sangat dekat. Kamu akan dibawa ke suasana Batavia tempo dulu. Gedung peninggalan Belanda ini sangat Instagramable, jadi siapkan ponsel atau kameramu untuk mengabadikan tiap sudut Kota Tua. Kamu bisa juga menyempatkan mengunjungi Museum Fatahillah yang syarat akan sejarah ibu kota.

Jika kamu berhenti di Stasiun Gambir, tepat di depan stasiun terdapat Monumen Nasional yang merupakan ikon Ibu Kota Jakarta. Pengunjung monas bisa menaiki monumen tersebut sampai di puncaknya dan menikmati keindahan ibu kota dari ketinggian Monas.

Surabaya

Dengan berkendara kereta api, turunlah di stasiun Gubeng. Tepat di seberang stasiun Gubeng terdapat sebuah monumen kapal selam, yakni kapal selam asli KRI Pasoepati 410. Dibuka tahun 1998, monumen ini menghadirkan sebuah kapal selam yang memiliki nilai sejarah. Kamu bisa merasakan sensasi berada di dalam kapal selam lengkap dengan peralatan dan mesin yang masih dijaga keasliannya.

Malang

Berkunjung ke kota Malang, kamu akan dimanjakan dengan udara sejuk khas kota di ketinggian. Jika kamu hendak ke Bromo, kamu bisa menggunakan kereta api dan turun di stasiun Kota Baru. Sebelum melanjutkan perjalanan dengan mobil, kamu bisa menikmati taman balai kota yang asri. Lokasinya sangat dekat dengan stasiun, jadi kamu cukup berjalan kaki untuk ke sana.

Jogjakarta

Ke Kota Jogjakarta pasti Malioboro adalah tujuan utamanya. Ternyata Malioboro tidak jauh dari Stasiun Tugu, Jogja. Tidak sampai 10 menit kamu sudah bisa mencapai Malioboro selepas turun dari kereta. Maloboro merupakan sebuah jalan tempat berbelanja paling populer di Jogjakarta. Kamu bisa menemukan aneka oleh-oleh seperti kain batik, aneka aksesoris, hingga makanan khas Jogja yakni bakpia dan gudeg. Jangan lewatkan pula menikmati Tugu Jogja. Lokasinya tidak begitu jauh dari Jalan Malioboro dan Stasiun Tugu.

Solo

Tak lengkap rasanya jika berlibur ke Kota Solo tidak mengunjungi keraton Solo. Jika kamu menggunakan kereta api, keraton Solo sangat mudah dijangkau. Terdapat dua stasiun yang dekat dengan keraton Solo ini, yaitu Stasiun Jebres dan Stasiun Balapan. Kamu bisa turun di salah satu stasiun tersebut, lalu melanjutkan perjalanan sebentar dengan becak atau angkutan umum.

Bandung

Ke kota Bandung dengan kereta api, kamu bisa menikmati suasana Bandung di Jalan Braga. Letaknya tidak jauh dari Stasiun Kota Bandung. Di sini kamu akan dimanjakan dengan arsitektur peningggalan Belanda serta kuliner khas kota Bandung di sepanjang jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here