Ini caranya mengatasi berita palsu di Facebook

67

Musim Pilkada memang melelahkan jika diisi banyak berita bohong. Nah Facebook yang akhir-akhir ini dihujat karena dianggap “membiarkan” berita bohong, memperbaiki diri dengan memberikan fitur mencek berita palsu. Bagaimana caranya?

1. Jika merasa berita yang disajikan adalah palsu atau provokatif, klik tanda panah ke bawah di bagian kanan atas dari postingan tersebut. Akan muncul jendela baru bertuliskan pesan “Help us understand what’s happening”.

fb1

2. Pilih “I think it shouldn’t be on Facebook”. Lalu klik Continue.

3. Akan muncul jendela baru bertuliskan”Help us understand what’s happening”, lalu pilihlah “It’s a false news story”, lalu klik Continue.

fb-3

4. Sesudahnya muncul jendela baru bertuliskan “What You Can Do”. Kamu bisa memblok situsnya, pembagi beritanya, menyembunyikan semua post dari si pemberi berita dan terakhir, melaporkan pada Facebook akun tersebut. Sesudahnya klik Continue.

Nah kamu bisa memilih untuk mengeblok pembagi berita palsu, memblokir situs berita palsu, menyembunyikan semua post dari akun pembagi serta menyembunyikan semua post dari situs berita palsu dan pilihan terakhir adalah memberitahukan akun pembagi. Pilihlah yang kamu inginkan lalu klik Continue.

Dengan melakukan hal itu maka kamu menjadi bagian masyarakat yang tidak memperkeruh suasana yang sudah semakin panas ini. Facebook sendiri sudah menghentikan layanan iklan bagi situs-situs penyebar berita palsu dan pegawainya akan memperhatikan semua berita yang lewat.

Baca juga: Facebook Messenger ada filter seperti Snapchat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here