Hemat kuota untuk media sosial dengan Opera Max

14

Di zaman apa-apa serba mahal ini, hemat data dan kuota itu penting. Apalagi bagi kamu yang eksis banget di media sosial. Untuk Facebook dan Twitter sudah ada versi ringannya. Kamu bisa baca artikelnya di sini untuk Facebook dan di sini untuk Twitter.

Tapi ada nggak sih aplikasi yang bisa menghemat data data internet yang cukup besar untuk media sosial dan aplikasi lain? Opera Max 3.0 menjadi salah satu solusinya.

Penggunaannya cukup mudah, sentuh menu bertuliskan “Saving for Facebook” yang ada di dalam aplikasi Opera Max atau sentuh 3x more like di tab Try it.

Setelah menyalakan fitur “Saving for Facebook” kamu bakal diminta untuk log in ke akun  melalui aplikasi web media sosial tersebut. Opera Max juga otomatis membuat ikon shortcut menuju aplikasi web ini di home screen smartphone.

Baca juga Empat aplikasi gratis ini bisa sembunyiin foto kamu

Ketika saya mencobanya, tak ada kesulitan yang berarti. Untuk masuk ke Facebook, ada logo Opera Max di kanan bawah yang menunjukkan berapa persen telah disave. Logo ini cepat hilang sebab sepertinya hanya untuk muncul sesaat.

Tap tiga titik di kanan atas ketika masuk Facebook lewat Opera Max, maka kamu bisa melihat berapa yang sudah disave, setting atas foto, video dan musik, serta shortcut. Kamu tinggal tap Savings activated untuk aktivasi fitur penghemat data ini untuk kamu bisa hemat data dari aplikasi lain juga.

Bagi yang ketat soal privasi, Opera Max ini juga bisa melindungi. Tinggal turn on privacy. Tidak hanya koneksi data provider yang bisa dihemat, tapi juga Wi-Fi. Dalam sehari bakal muncul laporannya berapa saja yang sudah disave untuk Facebook dan Instagram.

Opera mengklaim penghematan data Max mencapai 50 persen. Selain Facebook, Opera menjanjikan penghematan data sebesar 60 persen untuk Instagram, sekitar 50 persen untuk Pinterest, dan sebesar 40 persen untuk Line dan BBM.

Sejauh ini saya pakai Opera Max asyik aja dan petunjuknya mudah. Tidak perlu jadi ahli, cukup tap dan slide saja. Memang, ini menuntut kamu untuk terus menerus cek laporan berapa yang sudah disave, tapi nggak ada salahnya kalau kamu memang mau hidup hemat!

Opera Max - Data manager
Opera Max - Data manager
Developer: Opera
Price: Free

Share tanggapan kamu disini..

Please enter your comment!
Please enter your name here