Hati-hati, emoji yang sama bisa berbeda pemahaman

25

Ternyata mengirimkan emoji sama bisa jadi beda makna kalau dibaca lawan bicara. Bagaimana bisa? Hal ini ditemukan sekelompok peneliti di laboratorium GroupLens, di University of Minnesota, Twin Cities, Amerika Serikat.

Peneliti menemukan bahwa mereka yang mengirimkan emoji “menangis bahagia” ternyata bisa dianggap negatif oleh yang menerimanya. Ini dibuat rumit dengan berbedanya bentuk emoji, walau perbedaan itu tipis, jika dikirim berbeda device. Semisal berkirim antara Samsung Galaxy dan iPhone, selalu ada perbedaan tipis dari emoji tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan variasi emosi pada satu emoji “senyum” saja yang beragam dari positif sampai negatif.

Sebagai contoh, ini bedanya tampilan emoji yang sama di Google Nexus dan iPhone.

Baca juga Emoji “pipi tembem” hilang di Android O

Menurut peneliti Jacob Thebault-Spieker, ini karena “bahasa” emoji tergolong baru sehingga perlu ada adaptasi dari semua dalam berkomunikasi. Kelompok pertemanan tertentu akan mengadaptasi cara berkomunikasi yang berbeda satu sama lain. Begitu pula masyarakat yang berbeda kebudayaannya.

Lalu bagaimana? Nikmati saja kemajuan zaman ini, toh nanti antara teman atau kelompok pertemanan akan tercipta konvensi tak tertulis soal berkomunikasi satu sama lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here