Google rencanakan SMS ala WhatsApp?

49

Walau sudah jarang digunakan untuk keperluan personal, bukan berarti SMS terlupakan. Bahkan Google berencana membuat SMS rasa WhatsApp. Ini memang belum sampai di Indonesia namun Google sendiri mengatakan bahwa sudah ada lebih dari 27 operator dunia yang berniat meluncurkan RCS ini. Beberapa di antaranya adalah Orange, Dutch Telekom, Globe, Sprint, Rogers dan Telenor.

Format ini bernama Rich Communication Services (RCS). Untuk mengembangkannya, Google bekerja sama dengan para operator dan vendor ponsel di seluruh dunia. Secara teori nanti sebagian besar smartphone akan sudah punya teknologi ini tanpa harus download terlebih dahulu alias bawaan. Selain operator, sejumlah vendor smartphone, antara lain LG, Motorola, Sony dan ZTE, telah terlibat dan menyetujui pemasangan aplikasi seperti ini.


Fungsinya tak jauh berbeda dengan WhatsApp tapi RCS selain untuk mengirim pesan teks, bisa pula untuk foto resolusi tinggi, hingga membuat grup obrolan. Bagaimana jika belum ada RCS? Penerima RCS akan masih bisa mendapatkan pesan tersebut tapi hanya dalam bentuk teks saja.

Baca juga Bagaimana menggunakan Google Maps secara offline?

Sejauh ini kendala terbesar adalah penerapan sebab banyak vendor dan operator belum semuanya “ikut” skema Google seperti ini. Tapi kedepannya diharapkan SMS “jadul” yang hanya teks itu akan bertransformasi menjadi “ala WhatsApp”.

Jutaan bisnis di dunia masih menggunakan SMS, dengan RCS maka jasa dan iklan bisa muncul dalam bentuk yang lebih menarik. Untuk saat ini belum ada kepastian soal kapan RCS rilis, sebab masih dalam tahap pengembangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here