Google akan razia berita palsu!

12

Bukan hanya Ayu Ting Ting yang menemukan alamat palsu, tim dari The Next Web menemukan Google palsu. Hal ini terjadi ketika mereka menemukan sebuah domain aneh yang nama dan ekstensi dot com-nya sama persis dengan Google.

Bedanya huruf “g” untuk Google bukanlah huruf “g” umum melainkan huruf G karakter Unicode untuk huruf latin, bukan huruf “g” yang dipakai Google? Bingung? Kadang link seperti ini muncul dari situs-situs tidak jelas yang bermaksud jahat atau hanya sekadar menambah traffic.

Masih berhubungan, Google melakukan perubahan besar-besaran semenjak dikabarkan situs berita palsu membuat pemilu di Amerika Serikat bergejolak. Salah satu contohnya jika mencari “final election results” maka malah yang muncul paling atas adalah berita palsunya.

Maka Google melakukan “bersih-bersih” dengan melakukan rotasi pada bagian In the news namun hanya untuk situs berita media resmi. Sebelumnya bahkan blog atau postingan di forum ikut juga masuk.

Bagian in the news kini diganti dengan rotasi Top Stories sebab kini Google mengatur sedemikian rupa mengenai apa bedanya berita resmi dan apa yang populer dicari orang. CEO Google sendiri, Sundhar Pichai mengatakan bahwa tidak ada tempat untuk berita palsu di google.

Nah jangan hanya mengandalkan Google untuk menyaring berita palsu, kamu juga harus menggunakan akal sehat dan logika.

google-news-algorithm-1480090779

Baca juga: Bagaimana asal Google Doodle?

Opini Kamu