Foxconn menyingkirkan manusia untuk robot

70

Setelah Apple disemprot Donald Trump karena memproduksi di luar Amerika Serikat, salah satu pabrik pembuat iPhone, Foxconn seolah menjawabnya dengan mengganti pekerja manusia dengan robot.

Foxconn akan memaksimalkan penggunaan software dan robot bernama Foxbot untuk melakukan semua proses produksi. Ini untuk mengalihkan pekerjaan berat dan meningkatkan efisiensi lini produksi agar berkerja secara otomatis dan menurunkan penggunaan robot dalam merakit smartphone.

Jadi Foxconn akan meminimalisir peran manusia dalam proses produksi, logistik, pengujian, dan proses pemeriksaan. Sebenarnya ini tidak langsung menjawab Trump namun sudah direncanakan lama oleh Foxconn, hanya saja bertepatan dengan keinginan Trump agar iPhone dibuat di Amerika Serikat.

Targetnya Foxconn di tahun 2020, proses produksi yang melibatkan tenaga robot di pabrik China bisa mencapai 30 persen.

Salah satu pabriknya di Zhengzhou tercatat mampu memproduksi 500 ribu unit iPhone telah menerapkan otomatisasi proses produksi. Nah jika sudah semakin banyak menggunakan robot maka Apple bisa berkelit dengan mengatakan “toh kami memproduksi pakai mesin, bukan mengalihkan pekerjaan ke luar Amerika Serikat”.

islave-iphone-5-foxconn-640x405

Baca juga: Apple akhirnya buka pabrik di India

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here