Fitur Safety Check Facebook Disalahgunakan!

51

Pertama kalinya fitur Safety Check Facebook bisa diaktifkan di area Jakarta sesaat setelah meledaknya bom bunuh diri di Kampung Melayu, Jakarta Timur dua hari lalu.

Jika kamu berada di daerah Kampung Melayu/ Jatinegara/ Jakarta, sistem Facebook secara otomatis akan mengirimkan notifikasi yang berbunyi “Ledakan di Jatinegara, beritahu teman bahwa Anda baik-baik saja.” Ada dua opsi, “I’m safe” atau “saya baik-baik saja” dan “Doesn’t apply” atau “saya tidak terdampak”.

Apabila memilih opsi “saya baik-baik saja”, pengguna akan dibawa ke layar lanjutan berisi aneka feed yang terkait dengan kejadian tersebut, berikut status safety dari teman-teman dalam daftar kontak yang berada di sekitar lokasi kejadian.

 Baca juga Pesan makanan bisa lewat Facebook

Lalu ada opsi Find Help semisal ada yang butuh bantuan serta Offer Help untuk yang menawarkan pertolongan. Sayangnya fitur itu malah dijadikan bahan candaan oleh sebagian netizen. Seperti contohnya di bawah ini:

Bahkan ada yang tidak malu berjualan memanfaatkan fitur ini, padahal ini untuk hal darurat.

 

Safety Check pertama kali dikembangkan oleh para engineer Facebook dan muncul pada 2011 saat kejadian tsunami di Jepang. Lalu mulai resmi pada 2014 untuk mereka yang di area bencana. Penggunaan paling luas ada saat gempa di Nepal. Bagaimana cara menggunakannya dijelaskan di video di bawah ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here