Film Horror ‘Trinil : Kembalikan Tubuhku’ Siap Menghantui Bioskop Awal 2024

22

Mengawali awal tahun 2024, sutradara ternama Indonesia, Hanung Bramantyo kembali menghadirkan film bergenre horror berjudul ‘Trinil : Kembalikan Tubuhku’. Film ini merupakan terinspirasi dari sandiwara radio yang populer di awal tahun 80-an. Sementara film ‘Trinil : Kembalikan Tubuhku’ mengambil latar saat menjelang pemilihan umum tahun 1977 dimana pemerintah orde baru sedang sangat berkuasa saat itu. Film “Trinil: Kembalikan Tubuhku” dibintangi Carmela Van De Kruk, Rangga Nattra, Fattah Amin, Shalom Razade, dan Wulan Guritno.

Cerita diawali dengan sekelompok pekerja di sebuah perusahaan perkebunan teh di daerah Tambi, Jawa Tengah yang sedang bersenda gurau saat malam hari. Ketika saat salah satu pekerja sedang mendengarkan radio, kemudian terjadi hal gaib yang membuat dirinya tiba-mengalami ‘ketindihan’ dan mati mendadak saat bertemu dengan hantu kepala perempuan tanpa tubuh. Cerita kemudian beralih dengan kepulangan sosok perempuan bernama Rara (Carmela Van De Kruk) bersama suaminya, Sutan (Rangga Nattra) yang baru saja kembali pulang dari berbulan madu ke kediaman mereka di sebuah rumah yang berdekatan dengan perusahaan perkebunan teh.

Sesampainya di rumah, Rara kemudian mengalami kejadian-kejadian aneh yang tidak pernah mereka berdua alami sebelumnya. Tidak hanya Rara, Sutan pun ternyata juga mengalami kejadian aneh yang puncaknya ia melihat sebuah kepala perempuan tanpa tubuh di atas meja makan. Sutan kemudian menghubungi salah satu teman lamanya ketika di Penang, Malaysia,  bernama Yusof (Fattah Amin) yang bekerja di rumah sakit jiwa. Ternyata Yusof juga mempunyai kemampuan untuk menangani hal-hal mistis. Yusof kemudian memenuhi tawaran Sutan untuk menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi di rumah dan juga di perkebunan teh. Pelan-pelan kemudian Yusof berhasil mengetahui rahasia dari masa lalu Rara yang berhubungan dengan hal mistis yang terjadi saat itu. Sayangnya kemudian sebuah kejadian tidak terduga terjadi saat rahasia mulai terbongkar.

Bagi mereka yang melewati masa kecil maupun remaja di dekade 1980 dan awal 1990-an, tentu familiear dengan Trinil. Trinil adalah lakon sandiwara radio yang meledak pada 1985. Suara rintihan, “Trinil, balekno gembungku,” yang ikonis berasal dari tokoh Mbok Suminten.
Di eranya, popularitas Mbok Suminten menyaingi Mak Lampir dan Nini Pelet. Kini, saatnya para pencinta film  menjadi saksi kengerian Trinil di layar lebar.

Dalam acara konferensi pers dan movie screening film ‘Trinil : Kembalikan Tubuhku’ yang berlangsung pada hari Rabu (27/12) di Epicentrum XXI, Jakarta, Hanung Bramantyo selaku sutradara dan produser film mengungkapkan, “Trinil adalah adalah sandiwara radio yang populer terutama di Jawa Tengah pada tahun 80-an. Hampir semua orang mendengarkan waktu diputar bahkan sampai membuat sekolah dan tempat kerja sepi saat itu. Kami berusaha mencari suara asli dari sandirwara radio tersebut tapi tidak berhasil. Ternyata yang masih ada adalah tulisan naskahnya yang juga sudah lapuk. Akhir berdasarkan cerita di situ film ini dibuat.”

Film ‘Trinil : Kembalikan Tubuhku’ akan mulai tayang di semua layar bioskop pada 4 Januari 2024.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here