Dual camera, selayang pandang Huawei P9 dan LG G5

39

Dengan bentuk fisik yang terbatas, ada batasan atas inovasi yang bisa dilakukan di smartphone. Tapi bukan berarti inovasi berhenti. Salah satunya adalah dual lens. Fitur yang kini diadopsi iPhone 7 dimulai oleh LG dan Huawei. LG G5 memiliki dual lens, satu 8 megapiksel dan satunya lagi 16 megapiksel. Huawei P9 bedanya adalah satu lensa mengambil monochrom dan satu lagi warna (dalam 12 megapiksel). Keduanya digabungkan untuk membuat foto lebih detail.

Bedanya dengan single lens, satu lensa memiliki keterbatasan, yakni zoom nya terbatas. Untuk menambah zoom di smartphone tipis tentu tidak bisa serta merta smartphone-nya ditebalkan. Maka dual lense adalah kompromi untuk mencapai tingkat zoom lebih luas secara optikal (digital zoom merusak kualitas gambar). Namun ada “benjolan” sedikit di LG G5, ini karena ada stabilizier dan elemen optik yang ditambahkan.

Namun Huawei P9 tidak punya “benjolan”. Kombinasi dual lens menangkap cahaya tiga kali lebih banyak dari single lens. Salah satu fitur P9 lainnya yang menarik adalah baterainya yang 3000mAh,  cukup besar untuk smartphone tipis.

huawei-and-lg-boleh
Hardware tidak ada apa-apanya tanpa software, G5 dan P9 muncul dengan sensor yang sudah terintegrasi dan software yang mudah dioperasikan. Untuk P9 dan G5 foto bisa disave dalam format RAW atau JPG. Sayangnya P9 tidak punya optical stabilizer seperti G5.

Setingan kedua kamera (LG dan P9) bisa pro atau auto. Pro datang dengan fitur yang hampir sama ada di kamera DSLR pada umumnya.  Dengan fitur seabrek, memotret foto pemandangan dengan dual camera akan lebih menarik.

Opini Kamu