Dua update Twitter ini membantu percakapan lebih jelas

7

Ada dua update baru dari Twitter, yakni Conversation Ranking dan Direct Reply Count. Ini berguna untuk menyaring dan mengklasifikasikan obrolan penggunanya. Kekuatan Twitter ada pada obrolan yang terus menerus dalam berbagai topik.

Ada topik tertentu yang pembahasannya sangat panjang sehingga susah dicari akarnya dari mana. Solusi Twitter adalah fitur “Conversation Ranking”.

Dengan fitur ini pengguna diharapkan bisa memahami suatu topik yang sedang viral dengan cepat, yakni kicauan-kicauan paling populer dari sebuah topik obrolan akan muncul. Ini mempermudah agar tidak terjadi salah paham bagi pembaca dan pencuit.

convo-ranking

Bagaimana mengukur popularitasnya? Ini diukur dari banyaknya reply yang dihimpun dari pengguna lain, maupun reply feedback dari sang pembuka obrolan. Pengguna akan diperlihatkan reply paling berarti dan sesuai konteks dari sebuah obrolan.

Tool baru lainnya adalah “Direct Reply Count” yakni semacam counter (penghitung) berapa banyak reply langsung yang dihimpun suatu kicauan. Jadi tidak hanya Retweet dan Love yang dihitung. Dua tool baru ini dirilis bertahap bagi pengguna Android maupun iOS.
Nah semoga dengan dua fitur baru ini nggak ada yang “sumbu pendek” dan “baperan”. Siap?

twit

Baca juga: Kini twitter bisa menyaring hashtag

Opini Kamu