Cara nyaman bersosialisasi di grup WhatsApp

38

Tanpa disadari grup WhatsApp sering menyedot kuota dan waktu. Apalagi kalau banyak foto dan meme yang menghabiskan kuota. Lebih lagi jika ada drama di grup yang dipantik dari hal kecil.

Padahal ada tips dan trik agar nyaman bergabung di grup WhatsApp. Selain tips normal seperti jangan ngajak ribut dengan tema sensitif, sebenarnya ada beberapa cara menarik agar nyaman dan aman bersosialisasi di grup WhatsApp. Apa saja itu?

whatsapp-grup

 

Atur kapan download foto atau tidak
Kamu bisa masuk Settings > Data Usage ketika ingin mengatur cara mendownload per tipe konten. Di android caranya seperti ini: Settings > Chats and Calls > Media Auto-Download.

Menandai pesan yang penting
Tidak setiap waktu kamu bisa ada di WhatsApp, ketika membuka grup dan ada pesan penting kamu bisa menandai dengan “star”. Sehingga ketika menghapus pesan untuk membuat ringan, ada pilihan “delete all except starred”.

starred-messages-whatsapp-ios

Tahu apakah pesan sudah sampai ke semua orang
Selalu ada satu orang yang “kura-kura dalam perahu pura pura tidak tahu”. Kamu bisa tahu pesan di grup sudah dibaca siapa saja dengan menekan pesan kamu sendiri lebih dari dua detik, lalu muncul “Info”. Tap dan muncul info anggota grup siapa saja yang sudah membaca pesan itu.

Membatasi informasi diri
Seringkali kamu berada di grup WhatsApp yang sebenarnya tidak kamu inginkan tapi terpaksa ada, seperti grup WhatsApp keluarga besar yang selalu ingat ketika kamu pipis di celana waktu TK. Padahal kamu sekarang sudah dewasa dan ingin profile pic sedang ditindik di Bali tidak membuat gempa 10 skala richter di keluarga besar, maka kamu bisa membatasi siapa saja yang bisa melihat profile pic (dan status) tersebut dengan ke Settings > Account > Privacy.

Walau sebenarnya mengupload foto yang tidak memancing kerusuhan adalah cara paling mudah.

Opini Kamu