Bisa Pesan Go-Jek Di Trafi!

29

Tak semua orang punya kendaraan pribadi, penduduk kota besar masih banyak yang menggunakan transportasi umum. Namun kesulitan untuk memprediksi waktu perjalanan membuat pengguna kendaraan umum cepat kesal.

Salah satu solusinya adalah, Trafi, aplikasi penyedia informasi transportasi umum. Trafi resmi menjadi mitra aplikasi Jakarta Smart City dan aplikasi pendukung Transjakarta. Pengguna Trafi dapat mengetahui jadwal dan estimasi keberangkatan bus Transjakarta secara real-time.

Trafi sudah bisa downliad gratis di Google Play Store dan App Store dan  menyediakan informasi dari 82 rute Transjakarta. Tidak hanya Transjakarta,  informasi trayek sejumlah penyedia layanan transportasi umum lainnya di Jabodetabek, seperti Mayasari Bakti, Damri, Kopaja, Metromini, termasuk Mikrolet, juga ada. Lengkap dengan perhentiannya.

Baca juga Bagaimana Cara Tahu Jadwal Transjakarta Lewat Google Maps?

Kelebihan aplikasi buatan perusahaan dari Lithuania ini adalah bisa memesan Go-Jek dari dalam aplikasinya sendiri, plus estimasi harganya. Seperti diketahui, harga adalah kunci.

Penulis tidak menemukan kesulitan dalam menggunakan aplikasi Trafi ketika memprediksi Transjakarta. Memang tidak akurat 100% dalam hitungan detik, tapi setidaknya untuk Transjakarta dan Go-Jek, ada waktu estimasi yang membuat penulis tahu berapa lama kendaraan akan tiba.


Tapi untuk Mayasari Bakti, Kopaja, Metromini dan Mikrolet tidak bisa mendapatkan estimasi yang mendekati akurat, hanya sekadar waktu beredarnya saja. Ini dikarenakan jenis transportasinya belum terintegrasi dengan Transjakarta serta tidak berhenti di halte.

Tinggal tap setiap logo di atas, maka dari Transjak sampai bus Debora ada jadwalnya. Aplikasi ini akan memberikan banyak alternatif beserta estimasi waktu yang mana paling cepat. Tak jauh dengan Google Maps yang sudah terintegrasi dengan Transjakarta.

Mirip seperti Qlue, ada bagian tempat pengguna Trafi bisa berkeluh kesah dan melapor kondisi jalan raya. Ini sangat praktis sebab kita bisa tahu jalanan mana yang macet karena galian dan KRL mana yang berhenti karena listrik mati.

Sayangnya untuk fitur “pelaporan warga” belum ada cara untuk memverifikasi layaknya Qlue. Mungkin kedepannya ini bisa menjadi perhatian Trafi agar pelaporan lebih terverifikasi. Penasaran? Download Trafi di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here