Bagaimana Cara Menggunakan Qlue?

87

Popularitas aplikasi Qlue  menanjak sebab sering masuk berita. Qlue termasuk yang paling terkenal di DKI Jakarta sebab “membantu” pelaporan berbagai hal di ibukota Indonesia ini.

Tidak hanya Jakarta, PT  PT. Qlue Performa Indonesia juga membuat aplikasi Smart City untuk Bandung, Makassar, Denpasar, Manado, Surabaya, Bogor, Depok, Palembang, Bekasi, Yogyakarta, Pekanbaru, and Semarang

Semenjak rilis 2014 lalu, setiap pengguna bisa upload foto tentang masalah yang terjadi di lingkungan tempat tinggalnya. Tetapi, bagaimana cara menggunakan Qlue? Kali ini kita ambil contoh daerah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Dari setiap laporan, harus ada foto, keterangan, dan lokasi pelapor memberikan laporan tersebut. Fitur khusus yang telah disematkan ke dalam Qlue membuat penggunanya tidak bisa membuat laporan-laporan palsu.

Bagaimana cara menggunakannya? Tap icon “manusia” maka akan muncul profil kita yang bisa diedit.

Untuk setting, tap icon tiga titik di paling kanan. Ada opsi untuk bahasa Inggris juga.

Bagaimana jika menemukan suatu masalah? Cukup tekan icon plus. Maka akan muncul layar baru. Sisanya seperti Instagram, bisa foto langsung di lokasi atau ambil dari galeri foto. Lalu tinggal tap seperti biasa. Hal yang dilaporkan harus benar adanya.

Baca juga Jogja Istimewa, Aplikasi Untuk Liburan Di Jogja

Di linimasa sendiri terlihat masalah mana yang sedang dalam proses dan mana yang sudah usai. Ada pula rangkuman masalah yang paling umum dikeluhkan warga Mampang Prapatan.

Tak hanya melapor, pengguna juga bisa berinteraksi dengan warga lain, cukup tap icon bola dunia maka akan muncul layar ini. Bisa scroll ke bawah untuk melihat pelaporan lain yang ada.

Pengguna bisa berkomentar sekaligus tahu apakah laporannya diabaikan, diproses atau sudah selesai. Klik di sini untuk download Qlue bagi Android dan di sini untuk iOS.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here