Bagaimana cara Google Translate bekerja?

17

Penasaran bagaimana cara kerja Google Translate? Untuk saat ini memang penerjemah online tidak bisa mengalahkan kehebatan penerjemah “mesin”. Namun semakin kesini, Google Translate berusaha terus memperbaiki diri agar tidak muncul terjemahan salah yang menjadi bahan lelucon belaka.

Bagaimana cara kerjanya? Google menerjemahkan berdasarkan database berbagai dokumen yang ada di dunia. Semakin sering Google Translate digunakan untuk menerjemahkan, maka semakin banyak pola berbahasa yang didapat.

Semakin banyak pola yang dikenali berikut idiom dan penggunaan kata dalam berbagai bahasa yang bervariasi, maka semakin “baik” terjemahan Google Translate. Memang belum “sempurna”, tapi para engineer di Google berkeyakinan bahwa suatu hari nanti terjemahannya akan semakin baik.

Artificial Intelligence dari Google bahkan mengembangkan bahasa sendiri untuk menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Mandarin (dan sebaliknya). Nah video di bawah ini menjelaskan bagaimana cara Google menerjemahkan teks berbahasa asing.


Bulan Mei lalu Google bahkan memperkenalkan fitur tap to translate yang bisa digunakan di aplikasi chatting di Android. Berikut videonya:

Baca juga: Google memperbaharui Maps

 

Opini Kamu