Bagaimana asal muasal Google Doodle?

11

Seringkali ketika kita membuka Google maka laman depannya tidak hanya logo Google dalam tampilan biasa, melainkan bertemakan khusus. Entah dari Isaac Newton sampai Pak Raden, Google seolah mengingatkan kita akan hari penting baik itu perayaan atau ulangtahun orang yang berjasa.

Logo Google yang dibuat lucu dan menarik sesuai hari khusus disebut sebagai Google Doodle, dari mana asal muasalnya? Tahun 1998 konsep ini dipikirkan pendiri Google, Larry dan Sergey bermain-main dengan logo untuk menandakan mereka pernah ke festival Burning Man.

Dua tahun kemudian, tahun 2000, webmaster Dennis Hwang membuat doodle untuk Bastille Dat dan diterima dengan baik oleh pengguna. Maka Dennis menjadi ketua doodle dan semenjak itu doodle semakin sering muncul.

Awalnya doodle hanya merayakan hari libur umum namun kini semakin spesifik. Menciptakan doodle adalah tugas ilustrator dan engineer Google. Sejauh ini sudah ada 2000 doodle diciptakan.

google-doodles
Nah tim Google selalu antusias akan masukan dari siapapun, berminat mengusulkan perayaan atau ulangtahun orang penting? Kirimkan ke proposals@google.com, siapatahu akan lolos.

Baca juga: Ini sticker baru di Google Allo

Opini Kamu