Apple dianggap mencuri ide Nokia?

118
Headquarters of Finnish telecommunication network company Nokia are pictured in Espoo, Finland August 4, 2016. Lehtikuva/Irene Stachon/via REUTERS

Belum rilis smartphone baru Nokia sudah berani menggugat raksasa Apple di Jerman dan Amerika Serikat. Gugatan tersebut dilayangkan karena Apple dianggap melanggar beberapa paten teknologi milik Nokia.

Paten teknologi itu meliputi banyak aspek teknologi smartphone. Dalam tudingannya tersebut, Nokia menyebutkan 32 paten yang dilanggar Apple, terkait teknologi layar, antena, user interface, chipset, software serta koding video.

Baca juga: Berapa harga smartphone Nokia terbaru?

Dari sejarahnya, paten-paten tersebut di antaranya menjadi milik Nokia pasca akuisisi Nokia Siemens Network pada 2013, dan Alcatel-Lucent pada 2016. Sedangkan sebagian lainnya memang paten teknologi milik Nokia sendiri.

Nokia mengklaim bahwa Apple telah memakai paten-paten itu dalam produk-produknya, namun tak mau membayar biaya lisensi. Gugatan ini ditempuh setelah jalur mediasi di balik layar gagal. Saat ini gugatannya sedang diproses dan belum divonis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here