Apakah keamanan Android lebih lemah dari Apple?

36

Soal keamanan, mereka yang ngefans berat dengan produk Apple sering sesumbar bahwa produk mereka lebih aman dari Android. Namun itu baru dalam tataran opini. Direktur keamanan Android, Adrian Ludwig, mengatakan bahwa Android juga aman.

Setiap bulannya akan ada update security patch terbaru dari Google. Nah jikapun ada masalah, umumnya karena aplikasi dari pihak ketiga yang mencurigakan.

Riset dari Carnegie Mellon University mengungkap hal mencengangkan tentang aplikasi gratis untuk platform Android. Menurut hasil surveinya, setengah dari 18.000 aplikasi gratis yang ada di Play Store tidak memiliki privacy policy.

Ketiadaan privacy policy ini beragam bentuk dan permasalahannya. Salah satunya, ada aplikasi gratis yang tidak jujur mengenai cara mereka menangani data penggunanya. Ada juga yang tidak jujur dalam hal penyebarannya.

Ini terjadi karena pengguna tidak teliti dan terlalu terburu-buru dalam mendapatkan aplikasi gratis yang memudahkan. Pengguna tak sadar bahwa ketidak telitiannya malah membuat smartphone Android mereka malah keamanannya bisa bocor.

Android sendiri punya Safety Net yang mengscan 400 juta alat per hari dan 6 miliar aplikasi. Sehingga tidak benar jika dari pihak Android sendiri tidak ada usaha untuk keamanan. Nah, jika mau benar-benar aman berhati-hatilah mendownload aplikasi gratisan yang tidak terpercaya.

android1

Baca juga: Ini aplikasi terlaris di Play Store!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here