Apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli SD card?

52

Membeli SD card kadang membingungkan. Anda harus tahu tipe yang diinginkan dan detilnya. Apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli SD card?

Ukuran
Ada banyak ukuran fisik, cocokkan dengan smartphone anda. Ukuran paling besar adalah SD card yang sebesar perangko dan dipakai untuk kamera digital, mini SD adalah seukuran setengah SD card dan kurang populer. Micro SD sendiri sebesar kuku jari manusia. Untuk android anda cari microSD. Umumnya anda juga butuh adapter untuk membaca dan memindahkan konten di Micro SD ke komputer.

micro_sd_card2boleh-com
Kapasitas
MicroSD card didesain untuk menyimpan informasi 2GB, walau ada juga yang 4GB. microSDHC cards (Secure Digital High Capacity) didesain untuk memuat data 32GB. Lalu microSDXC (Secure Digital eXtra Capacity) didesain untuk menyimpan 32GB dan 2TB data. Sebagian besar smartphone bisa menggunakan microSDHC card dan beberapa bisa microSDXC card. Baca buku petunjuk untuk mengetahui SD card jenis apa yang cocok dengan smartphone anda.

Kecepatan
Ada lima kecepatan berbeda dari yang terlambat sampai yang tercepat. Dimulai dari DS (sampai 12.5 MB/s), HS (sampai 25 MB/s), UHS-I (sampai 104 MB/s), UHS-II (sampai 312 MB/s) dan UHS-3 (sampai 312 MB/s). Ada juga yang diklasifikasikan dengan angka. Anda bisa melihat angka 2,4,6 untuk DS dan HS dengan 10. UHS umumnnya U1 sampai U3.

samsung_uhs1_0510372298071boleh-com

Semakin cepat, semakin baik. Ini bukan jargon kampanye tapi semakin cepat maka akan semakin bagus dalam menyimpan data video dan foto yang beresolusi tinggi. Selain itu berkembang dengan cepatnya teknologi menuntut kecepatan yang lebih prima.

Opini Kamu