Akhirnya Cyanogen gulung tikar

241

Kamu pengguna OnePlus One, Smartfren Andromax Q, dan Lenovo Zuk Z1? Siap-siap diombang-ambing dalam ketidakpastian sebab Cyanogen mengumumkan menghentikan operasinya pada akhir Desember 2016.

Meski menghentikan seluruh aktivitasnya seperti update OS, namun source code Cyanogen OS akan tetap tersedia. Proyek open source-nya tetap bisa dimanfaatkan oleh para developer yang ingin membangun CyanogenMods untuk kebutuhan personal.

Pemilik smartphone dengan OS Cyanogen kini direkomendasikan untuk mulai belajar dan beralih ke CyanogenMod ROM. Ini merupakan produk non-komersil Cyanogen dan dikembangkan oleh komunitas pimpinan mantan co-founder Cyanogen, Steve Klondik.

Para calon mantan punggawa Cyanogen pun masih menunjukkan rasa tanggung jawab sebab membuat proyek bernama Lineage agar kelangsungan salah satu sistem operasi Android tersebut tidak putus di tengah jalan.

Namun bedanya, CyanogenMod ROM ini tidak dijamin stabil sebab bergantung kepada kontribusi komunitas. Berita kematian ini seolah ironis sebab Cyanogen pernah bercita-cita mengalahkan Google, namun sekarang justru malah harus gulung tikar.

oneplus-2-cyanogenmod-boleh

Baca juga: Lenovo jadi bintang ZUK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here