Akankah Mastodon menyeruduk Twitter?

43

Untuk saat ini Twitter masih beken, tapi ada media sosial baru bernama Mastodon yang disebut-sebut akan mengalahkan burung putih berlatar biru tersebut.

Dibuat oleh Eugen Rochko yang baru berusia 24 tahun, intinya mirip dengan Twitter, tapi cuitan bernama Toots. Pemiliknya mengklaim bahwa Mastodon punya privacy control lebih bagus daripada Twitter.

Mastodon menggunakan open source software (FOSS) dan tidak tergantung dana. ROchko yang di Jerman bisa mendanai dengan $800 saja per bulan. Untuk saat ini Mastodon baru ada versi web di mastodon.social.

Baca juga Twitter punya fitur night mode otomatis

Lebih lagi, pengguna Mastodon bisa mengirimkan Toots 500 karakter, lebih dari Twitter yang cuma 140. Lalu setiap cuitan alias Toots bisa beda perlakuan, ada publik dan privat. Banyak yang menyerbu Mastodon sehingga saat ini pendaftaran ditutup dahulu sampai stabil.

Sejauh ini Mastodon sudah punya 41 ribu dan belum bertambah sebab server kepenuhan. Hebatnya beberapa merk ternama sudah duluan daftar seperti Walmart. Akankah Mastodon menggulingkan Twitter?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here