Ajang Google I/O 2017: Ini dia kelebihan Android O

137

Akhirnya Android O rilis “resmi” di ajang Google I/O 2017. Sistem operasi penerus Android Nougat itu langsung diumumkan oleh VP Engineering Google, Dave Burke.

Ada update apa? Fluid Experience dan Vital. Fluid Experience ada fitur Picture-In-Picture. Fitur ini sudah lebih dulu hadir di aplikasi YouTube. Kegunaannya adalah ketika ingin mencatat resep sambil menonton acara memasak di YouTube, kamu bisa mengecilkan layar video dan langsung membuka aplikasi Notes untuk mencatat resep masakan.

Sedangkan fitur notification dots merupakan tahap lebih lanjut dari mekanisme swipe down untuk melihat notifikasi pada aplikasi. Kamu cukup tap dengan lama ikon aplikasi, notifikasi yang belum terbaca pun akan muncul.

Lalu ada Smart Text Selection. Dengan fitur ini, kamu bisa menyeleksi kalimat tertentu dan akan dinavigasikan dengan aplikasi terkait. Contohnya akan disuguhkan pilihan Google Maps untuk langsung dinavigasikan ke alamat yang dimaksud.

Google akan mengenali frasa dan konteks, sehingga kamu bisa mem-blok kata per kata (bukan satu kalimat) untuk disalin dan dipindahkan ke layar lain. Ini bagaikan fitur copy paste tapi lebih advanced.

Baca juga Ajang Google I/O 2017: Gmail akan punya fitur smart reply

Jika di PC fitur autofill sudah lama, maka kali ini ada juga di Android. Dengan fitur tersebut, kamu tak perlu lagi repot memasukkan password karena Autofill for Android bisa mengingat semua password yang ada. Fitur ini mempermudah ketika hendak log-in ke media sosial.

Sayangnya rilis Android O kali ini belum disertai informasi kapan OS mobile terbaru ini bakal mulai digunakan di smartphone-smartphone Android. Ada yang menyebutkan pada akhir tahun ini. Kita tunggu saja sebab saat ini baru tersedia untuk developer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here