5 aplikasi keren pemantau pilkada!

352

Pilkada serentak 15 Februari menyita perhatian banyak orang. Partisipasi rakyat diharapkan tak hanya dari bilik suara, namun juga dari mengawasi. Selain sudah ada panitia pengawas pilkada, tak ada salahnya aktif mengawasi lewat aplikasi buatan anak bangsa sendiri. Berikut aplikasi pemantau pilkada yang menarik di Google Play Store.

Mata Rakyat

Aplikasi ini khusus untuk Pilkada DKI dan bagi mereka yang terdaftar untuk memilih. Warga ikut berpartisipasi dalam pengumpulan data dari masing-masing TPS sehingga kita semua bisa mendapatkan hasil Pilkada yang cepat, akurat dan independen. Sudah update 13 Februari lalu, sudah 10 ribu kali didownload. Download di sini.

Kawal Pilkada

Aplikasi ini tidak khusus Pilkada DKI, tapi bisa untuk pilkada daerah lain. Cukup menjadi saksi yang memotret dokumen C1. Tak perlu ribet daftar sebab bisa memakai akun facebook/twitter/google. Download kawal pilkada di sini.

Cek KTP

Aplikasi ini bukan aplikasi resmi dari pemerintah tapi bisa membantu untuk cek KTP di lokasi TPS. Tentunya dalam konteks Pilkada hanya petugas TPS yang bisa mencek hal ini dan mencocokan dengan data pemilih tetap. Aplikasinya bisa didownload di sini.

Jakarta Memilih

Ini adalah salah satu apliasi yang menyenangkan, sebab bukan soal cek data atau laporan hasil TPS, melainkan game yang berdasarkan program kampanye kontestan Pilkada DKI Jakarta. Kamu bisa mencoba game berbasis Agus dan Sylvi, Ahok & Djarot dan Anies & Sandiaga. Mau coba? Silahkan download di sini.

Pilkada 2017

Aplikasi ini memantau pemberitaan seputar pilkada, survei dan quick count. Baru 500 download saja sejauh ini tapi tak ada salahnya didownload di sini.


1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here